Ruang ICU dan IGD di 7 RS Surabaya Penuh Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 16:39 WIB
Kasus COVID-19 di Surabaya terus bertambah. Ruang ICU dan IGD yang tersedia di 7 rumah sakit (RS) di Surabaya penuh dengan pasien positif COVID-19.
Ruang ICU/Foto: Esti Widiyana

3. RS Royal Surabaya

IGD RS Royal Surabaya juga overload. Pasien menunggu ruang isolasi kosong di IGD. "Sampai siang ini pasien kita 23 dirawat inap dan sudah penuh. IGD gak bisa dikatakan full semestinya, tapi kondisi sekarang di IGD semua bed terisi, jadi pasien mau gak mau antre, ada 3 pasien di IGD," kata Jubir COVID-19 RS Royal dr Dewa Nyoman Sutanaya.

Dewa menduga, melonjaknya pasien COVID-19 di RS Royal ini karena dampak dari libur panjang Nataru dan Pilkada. Sehingga, di awal tahun ini pasien Corona terus berdatangan di RS.

"Ini efek liburan sepertinya. Yang kemarin setelah Pilkada juga melonjak. Rata-rata riwayat berlibur," ujarnya.

4. RS Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya

IGD RKZ Surabaya juga menghadapi hal yang sama dengan RS lainnya. Kondisi overload pasien COVID-19 membuat RS menutup IGD sejak Sabtu (2/1) hingga dibuka Minggu (3/1) sore.

"Masih (penuh di ruang IGD dan 3 TT di ruang ICU). Sudah menjadi rahasia umum kalau semua RS meningkat. Sama dengan RS lain penuh, silih berganti. Kalau ada yang keluar ya ada yang masuk. Intinya masih keluar masuk dan penuh," kata Kabid Hospital Development & Relation Rumah Sakit RKZ, dr Agung Kurniawan Saputra.