Rajin Apel, Anggota Polres Pacitan Ini Dapat Hadiah Kambing

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 14:38 WIB
polres pacitan
Aiptu Slamet Riyadi mendapat hadiah dari Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Aiptu Slamet Riyadi (54) tampak kaget. Pria jangkung itu melangkah tegap begitu namanya dipanggil Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono di sela apel.

Slamet diminta maju tidak untuk disanksi. Tetapi mendapat hadiah seekor kambing.

"Atas nama Aiptu Slamet Riyadi silakan maju," ujar Wiwit melalui pengeras suara, Senin (4/1/2020).

Slamet pun lantas menuju depan podium dan mengambil posisi siap. Wiwit yang turun dari podium lalu menghampiri anggota polri yang bertugas di bagian Sarana Prasarana itu. Seekor kambing betina berbulu kombinasi hitam putih diserahkan kepada Slamet.

"Dipiara dengan baik ya. Mudah-mudahan bermanfaat. Syukur bisa memberikan penghasilan tambahan," pesan Wiwit disusul salam komando.

Program tersebut, lanjut Wiwit, merupakan kegiatan rutin bulanan. Tujuannya untuk menyemangati anggota Polres Pacitan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Karenanya hadiah hanya disediakan mereka yang aktif mengikuti apel. Pemilihannya dilakukan dengan cara mengundi.

Pada saat bersamaan Wiwit juga memberikan ganjaran kepada anggota berprestasi. Di antaranya anggota satreskrim, bhabinkamtibmas, serta personel bagian administrasi. Wiwit juga menyerahkan hadiah natal bagi anggota yang merayakan.

Ditemui detikcom usai apel, Slamet mengaku senang mendapatkan hadiah berupa binatang ternak. Padahal sebelumnya bapak tiga putra itu tak pernah membayangkan akan membawa pulang kambing. Dia pun berjanji tidak akan menjualnya.

"Sementara saya titipkan orang dulu, nanti kalau saya sudah purna akan saya pelihara sendiri," kata warga Kelurahan Ploso itu seraya mengaku jika masa pensiunnya tinggal empat tahun lagi.

Sebagai orang yang dilahirkan di desa, Slamet mengaku terbiasa dengan kegiatan mencari rumput. Bahkan kebiasaan itu masih dilakukannya hingga kini. Yakni saat akhir pekan kala dirinya menjenguk sang ibu di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung.

"Sebelumnya memang sempat membayangkan nanti kalau pensiun pingin jadi peternak kambing. Ndak tahunya malah dapat berkah diberi modal kambing betina. Alhamdulillah. Mudah-mudahan bisa babar (beranak pinak)," pungkas Slamet.

(iwd/iwd)