Jalur Wisata Pasuruan Hari Terakhir Libur Natal Masih Landai

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 14:55 WIB
Jalur Wisata Pasuruan Landai di Hari Terakhir Libur Natal
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Jalur wisata di Kabupaten Pasuruan landai di hari terakhir libur natal. Tak ada peningkatan kendaraan sehingga arus lalu lintas lancar.

Pantauan di jalur wisata ke Prigen dan Pandaan pada Minggu (27/12/2020) hingga pukul 13.30 WIB, masih lancar. Padahal jalur ini biasanya sibuk saat libur panjang natal.

Para petugas kepolisian, dishub dan Sat Pol PP tetap siaga. Petugas juga memberikan masker dan edukasi pada pengendara yang tak mengenakan penutup wajah.

"Masih terpantau landai, sampai siang ini tidak ada peningkatan. Jalur Prigen ke arah Trawas landai. Termasuk jalur ke taman safari juga landai," kata Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Andhika Mizaldy Lubis.

Situasi di kawasan Pandaan juga terpantau lancar. Hingga pukul 15.00 WIB, belum ada penumpukan kendaraan.

"Di exit tol Pandaan itu biasanya sampai macet, (kendaraan) ketemu mulai simpang empat dalam kota sampai exit tol. Nah itu belum kita temui hari ini. Sabtu kemarin juga landai," terangnya.

Andhika menilai kondisi tersebut salah satunya disebabkan kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19 semakin tinggi. Masyarakat memilih berada di rumah saat libur.

"Kesadaran masyarakat semakin tinggi jadi tetap di rumah. Imbauan-imbauan kita kan sudah masif. Itu harapannya, masyarakat lebih banyak tetap di rumah sehingga libur ini nggak ada peningkatan kendaraan berlalu lalang," terangnya.

Untuk diketahui meski kasus COVID-19 naik, objek wisata di Kabupaten Pasuruan tetap diizinkan beroperasi saat libur natal dan tahun baru. Syaratnya harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

(fat/fat)