8 dari 322 Penghargaan Diterima Risma yang Diisukan Jadi Mensos

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 21 Des 2020 17:08 WIB
Wali Kota Risma
Wali Kota Risma (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kontribusi besar Tri Rismaharini terhadap pembangunan Surabaya mendapat banyak pengakuan dan apresiasi. Baik nasional dan international. Risma sendiri diusulkan dan digadang-gadang menjadi mensos pengganti Juliari Batubara, yang tersandung kasus korupsi bansos COVID-19.

Tak terhitung lagi penghargaan yang diterima wali kota perempuan pertama di Surabaya periode 2010-2015 di usia 49 tahun. Hingga 10 tahun Risma sudah mendapat 322 penghargaan selama menjabat. Kini Risma menjabat sebagai Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific (Aspac) dan menjadikan Kota Pahlawan dikenal di mata dunia serta mengharumkan Indonesia.

Selama menjadi wali kota dua periode, Lulusan ITS hingga S2 ini dikenal ulet, tekun dan tak mau setengah-setengah dalam membangun Surabaya. Meski dikenal sebagai wanita yang keras dan tegas, namun kerjanya telah membuktika dengan perubahan Kota Pahlawan saat ini.

Di akhir periode pertamanya, Risma mendapatkan penghargaan penghargaan World Mayor Commendation atau wali kota terbaik ketiga di dunia dari World Mayor Project di tahun 2015. Hal heran jika ibu dua orang anak ini mendapatkan penghargaan tersebut, karena kegigihannya dalam membangun Surabaya lebih baik lagi.

Di tahun yang sama, tepatnya bulan Maret 2015, Wali Kota Risma masuk 50 tokoh besar dunia di peringkat 24 dari media terkemuka Amerika Serikat, Fortune. Tentunya hal ini menjadi kebanggan bagi Kota Surabaya.

Pada 27 September 2017, Risma mendapatkan penghargaan Govinsider Innovation Awards 2017. Dalam kategori Inspirational Leader dari UNDP dan Lembaga Innovation Labs World, Singapura Risma membawa pulang penghargaan itu.

tonton video 'Pengamat Nilai Jokowi Wajib Reshuffle, Keinginan Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]