Kaleidoskop 2020

Peristiwa di Jatim: Pembakaran Mobil Via Vallen-Pemakaman Didi Kempot di Ngawi

Suparno, Purwo Sumodiharjo, Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 21 Des 2020 11:00 WIB
Mobil Alphard warna putih milik Via Vallen terbakar. Mobil bernopol W 1 VV itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 03.20 WIB, Selasa (30/6/2020).
Mobil mewah Via Vallen yang hangus terbakar/Foto file: Suparno
Surabaya -

Ada sejumlah peristiwa yang terjadi di Jatim selama 2020. Mulai dari aksi pembakaran mobil Via Vallen hingga pemakaman Didi Kempot di Ngawi.

Pembakaran Mobil Alphard Via Vallen

via vallen sidang pembakaran mobilVia Vallen jadi saksi di sidang kasus pembakaran mobil Foto file: Suparno

Peristiwa pembakaran mobil Toyota Alphard warna putih bernopol W 1 VV itu terjadi pada Selasa (30/7), sekitar pukul 03.20 WIB. Mobil itu diparkir di samping rumah Via Vallen di Desa Kalitengah RT 02 RW 03, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Pelaku pembakaran mobil penyanyi dangdut itu yakni Pije (41), warga Medan. Ia mengaku kecewa karena gagal menemui sang idola. Sebelum melakukan pembakaran, pelaku sempat mondar-mandir di depan rumah Via Vallen.

Pada saat itu keberadaan pelaku juga diketahui oleh keluarga Via Vallen melalui kamera CCTV. Setelah melakukan pembakaran, pelaku langsung ditangkap oleh warga bersamaan dengan anggota Polsek Tanggulangin yang sedang patroli.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh polisi, pelaku mengaku sebagai fans berat Via Vallen yang gagal ditemui oleh sang idola. Kemudian dilakukan rekonstruksi pembakaran mobil pada Rabu (26/8). Dalam rekonstruksi tersebut ada 20 adegan yang diperagakan oleh pelaku.

Dalam adegan ke-15 pelaku menyiram bensin ke mobil Toyota Alphard warna putih yang diparkir di samping rumah Via Vallen. Kemudian pada adegan ke-16 dan ke-17, pelaku membakar mobil. Rekonstruksi disaksikan oleh keluarga Via Vallen.

Keluarga tampak jengkel dengan sikap Pije yang seolah-olah tidak terbebani rasa bersalah. Saat melakukan rekonstruksi, Pije sering mengumbar senyum.

"Gemes aku. Pengen tak jites (cubit)," kata adik Via Vallen, Mella Rossa usai melihat rekonstruksi, Rabu (26/8).

Sidang pertama digelar pada Rabu (2/10) di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo. Sidang itu digelar secara virtual. Dalam sidang ini, saksi korban tidak hadir dan diwakilkan Mella Rossa.

Sidang berikutnya pada Senin (7/12). Pada sidang kedua ini saksi korban dihadirkan. "Sampai saat ini keluarga kami masih trauma. Meski kasusnya sudah disidangkan," pungkas Mella di PN Sidoarjo.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4