Tambah 3 Lagi, Total Ada 54 Ekor Kambing di Pacitan yang Mati Misterius

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 13:27 WIB
3 Kambing mati lagi di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Teror kambing mati misterius di Pacitan masih terus terjadi. Kali ini pemangsa yang belum diketahui jenisnya menyatroni ternak milik Jumar (43). Tiga ekor kambing milik warga Dusun Pagergunung, Desa Kalipelus itu ditemukan tak bernyawa, Kamis (23/1/2020) pagi.

Pantauan detikcom, saat ditemukan, bangkai kambing berada pada dua lokasi berbeda. Dua ekor kambing dewasa berada di dalam kandang dengan luka sobek. Satu di antaranya terkelupas pada bagian perut. Adapun bangkai seekor kambing lain terkapar di luar kandang dengan kondisi badan tak utuh.

"Saya lihat dari jauh terpal penutup kandang terkoyak-koyak. Dari situ saya sudah curiga sepertinya kambing saya habis. Ternyata begitu saya dekati (kambing) sudah mati semua," kata Jumar ditemui detikcom di samping kandang.

Sejak maraknya kasus kambing mati, lanjut Jumar, dirinya sengaja memasang terpal untuk menutup kandang. Tujuannya untuk melindungi kambing piaraan dari serangan makhluk pemangsa. Terlebih lokasi kandang jauh dari permukiman. Tapi ternyata cara itu tak sepenuhnya efektif.

Saat Jumar mendatangi kandang, posisi terpal plastik sudah berubah. Bagian atas terpal yang sebelumnya dikaitkan dengan ujung atap menggunakan tali sudah terlepas. Sementara pada bagian bawah terdapat lubang sobek berbentuk kotak berukuran 20x20 sentimeter.

"Segala upaya sudah dicoba sudah nggak bisa lagi. Ternyata tadi malam sudah kebobolan,'' tuturnya sedih.

Seperti halnya pemilik ternak lain, Jumar sangat mengandalkan penjualan hewan pemakan rumput itu untuk menyambung hidup. Bahkan menurut rencana tiga ekor kambing itu hari ini akan dibawa pulang. Selanjutnya dibawa ke pasar untuk dijual. Namun keinginan memperoleh uang sekitar Rp 2 juta itu tinggal angan-angan.

Meski begitu, Jumar mengaku tak kapok memelihara kambing. Jika sudah memiliki modal, dirinya bermaksud membeli bibit lagi. Selanjutnya, untuk mencegah serangan serupa, kandang akan dipindahkan ke sekitar tempat tinggal.

"Kalau memelihara (kambing) tetap. Tapi mungkin ya pindah di dekat rumah lah," paparnya.

Hingga pukul 11.00 WIB, kandang yang terletak di area persawahan itu masih banyak didatangi warga. Mereka masih penasaran dengan kejadian yang sudah berlangsung sejak tiga pekan lalu. Aparat desa, kecamatan, dan TNI/Polri juga berada di antara kerumunan warga.

Matinya tiga kambing ini menambah jumlah kambing yang mati misterius. Hingga saat ini sudah ada 54 kambing yang mati misterius.

Simak Video "Jangan Bergerak! Detik-detik 2 Pencuri Kambing Digerebek Polisi"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)