2 Pekan Jelang Pergantian Tahun Dipastikan Tak Ada Janda Baru di Banyuwangi

Ardian Fanani  - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 11:01 WIB
Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi ditutup
Pengadilan Agama Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Dua pekan hingga akhir tahun 2020, Banyuwangi dipastikan tidak ada janda-janda baru. Sebab, per tanggal 15 - 28 Desember 2020, seluruh pelayanan di kantor Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi ditutup. Termasuk jadwal sidang perceraian.

Penutupan kantor PA Banyuwangi terpaksa dilakukan akibat penyebaran COVID-19 di lingkungan lembaga naungan Mahkamah Agung (MA). Ini menyebabkan klaster perkantoran baru. Tentu saja membuat masyarakat yang mengajukan perceraian atau menginginkan pelayanan di PA mengeluh.

"Saya mengajukan perceraian, harusnya sidang hari ini. Tapi karena ditutup akhirnya tidak ditunda," ujar Yuni, warga Kabat kepada detikcom, Jumat (18/12/2020).

Hal yang sama diungkapkan Sony, pengajuan cerainya terpaksa harus mundur karena penutupan pelayanan ini. Meski begitu, dirinya memahami penutupan tersebut.

"Ya bagaimana lagi. Daripada menyebar luas, mending ditunda dulu," tambahnya.

Sementara Ketua PA Banyuwangi, Ahmad Bisri membenarkan penutupan PA diperpanjang hingga 28 Desember mendatang.

"Dikarenakan sempat ada anggota kita yang terpapar COVID-19, sesuai dengan petunjuk Pengadilan Tinggi Agama Surabaya untuk menambah masa lockdown selama dua minggu ke depan. Sampai dengan tanggal 28 Desember 2020," tegas Akhmad Bisri.

Simak video 'Siap-siap! Liburan Natal-Tahun Baru Bakal Ada Syaratnya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2