Gubernur Khofifah Tebar 3,5 Ton Benih Tanaman dari Udara Lewat Aeroseeding

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 22:00 WIB
gubernur khofifah
Foto: Istimewa
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa membuat gebrakan baru untuk memulihkan dan memperbaiki lahan yang terdegradasi. Salah satunya melakukan aeroseeding atau reboisasi dengan menabur benih di gunung dan lahan gundul yang areanya terjal melalui helikopter.

Kegiatan ini dilakukan atas sinergi BPBD Jawa Timur, Danlanud Abdurrahman Shaleh dan Kadivre Perhutani Jawa Timur.

"Aeroseeding menjadi metode paling tepat dalam melakukan revegetasi lingkungan, khususnya di daerah yang sulit untuk dijangkau jalur darat, misalnya seperti di daerah pegunungan," kata Khofifah saat melakukan aeroseeding bersama Lanud Abd. Saleh di Lanud Abdul Saleh, Malang, Rabu (16/12/2020).

"Kemudian, aeroseeding juga menghemat tenaga dan waktu. Dengan aeroseeding wilayah hutan atau lahan bisa berfungsi kembali sebagai penyaring dan penyerap air kedalam tanah, serta untuk menghambat derasnya laju aliran air permukaan," imbuhnya.

Dibantu Danlanud Abdurrahman Saleh Malang Marsma (TNI) Wayan Superman, Khofifah berkesempatan menebarkan bibit tanaman sebanyak 3,5 ton di sekitar Gunung Arjuno, Gunung Wilis dan Gunung Kawi.

Jenis Benih yang disebar antara lain, sengon (Buto, Tekik), asem, wadang, trengguli, suren, trembesi klerek, saga, indigofera, jati, mahoni, spathodea, akasia, sirsat, maton, jambu, kelengkeng, nangka, vertiver, lamtoro dan maesopsis.

Khofifah menjelaskan jika tidak dilakukan revegetasi, potensi bencana alam akan semakin tinggi. Terlebih di Jatim tengah memasuki musim hidrometeorologi. Di mana potensi bencana alam seperti longsor dan banjir bandang tidak bisa dihindari.

Hal ini akibat tidak adanya ketahanan tanah dalam mengikat akar, karena akar sudah rapuh dan mudah terjadi longsor.

"Oleh sebab itu, revegetasi harus terus dilakukan. Hari ini adalah wujud adanya sinergi antara Pemprov Jatim, Lanud Abd. Saleh dan Perhutani dalam mengembalikan revegetasi lingkungan yang rusak," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3