Hari Pertama Rekapitulasi Pilwali Surabaya Berjalan Alot

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 21:40 WIB
rekapitulasi pilwali surabaya
Rapat pleno rekapitulasi Pilwali Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Proses rekapitulasi Pilwali Surabaya berjalan alot. Hingga pukul 19.30 WIB rapat pleno itu baru menyelesaikan empat kecamatan. Padahal, KPU Surabaya menargetkan dapat menyelesaikan 16 kecamatan hari ini.

Empat kecamatan yang telah melakukan rekapitulasi tingkat kota adalah Kecamatan Tambaksari, Wiyung, Jambangan, dan Gayungan. Rekapitulasi untuk 4 kecamatan itu rencanya akan dilakukan selama dua hari yakni tanggal 15-16 Desember.

Alotnya rekapitulasi ini terjeda saat ishoma. Mulai Magrib hingga selepas Isya, Rekapitulasi masih juga belum dilanjutkan. Padahal, masih kurang 12 kecamatan lagi yang akan direkap tingkat kota.

Sebelum rekapitulasi dihitung, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan sesuai PKPU no. 5 dan 19 tahun 2020, bahwa usai pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota, dilaksanakan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kota.

"PKPU 5 memberikan jadwal, bahwa rekapitulasi kota bisa dilaksanakan tanggal 13 sampai 17. Kami mengambil waktu di antara itu, sehingga yang kita laksanakan tanggal 15 sampai 16," kata Syamsi kepada wartawan di Hall Amerta, Hotel Singgasana, Selasa (15/12/2020).

Hari ini, rekapitulasi untuk 16 kecamatan dibagi menjadi empat sesi secara bergantian. Enam belas kecamatan yang akan melakukan proses rekapitulasi pada hari pertama adalah Tambak Sari, Wiyung, Jambangan, Gayungan, Genteng, Simokerto, Asemrowo, Pakal, Dukuh Pakis, Karang Pilang, Tegalsari, Bulak, Benowo, Semampir, Lakarsantri, dan Sukolilo.

"Hari ini rencananya memang separuh kecamatan kita lakukan rekapitulasi tingkat kota, kemudian dilanjutkan besok. Rencana hari ini 16 kecamatan, besok 15 kecamatan mudah-mudahan bisa selesai," jelasnya.

Selama proses rekapitulasi berlangsung, hanya ada 50 orang yang diperbolehkan masuk ke dalam lokasi. Semua pintu ruangan di Hall Amerta juga dibuka, karena mematuhi protokol kesehatan.

(iwd/iwd)