Ini Harapan Wagub Emil Untuk Pilkada Trenggalek

Adhar Muttaqien - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 08:21 WIB
wagub emil
Wagub Emil dan istri, Arumi Bachsin (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Sebagai orang yang pernah memimpin Trenggalek, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak memiliki harapan tersendiri untuk Pilkada Trenggalek 2020. Termasuk untuk calon yang terpilih nantinya.

Saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Emil mengaku salah satu harapannya adalah terkait keberlangsungan pembangunan dan upaya memajukan pesisir selatan.

"Khusus buat Trenggalek semoga pemimpin yang terpilih akan terus berkomitmen memajukan Trenggalek dengan segala inovasi dan program-programnya. Kemudian upaya menjadikan Trenggalek sebagai yang terdepan di pesisir selatan bisa dilanjutkan bisa diteruskan," kata Emil Dardak, Rabu (9/12/2020).

Di sisi lain Wagub Emil juga mengingatkan agar masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berada luar maupun di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini dinilai penting mengingat pelaksanaan pilkada saat ini berada dalam masa pandemi COVID-19.

Terkait kondisi itu, KPU juga telah membuat prosedur yang ketat terkait protokol kesehatan saat mencoblos di masa pandemi. "Jangan lupa pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak," ujarnya.

Emil Elestianto Dardak tercatat pernah memimpin Trenggalek selama tiga tahun bersama wakilnya Mochammad Nur Arifin. Diusung koalisi tujuh parpol pasangan Emil-Arifin memenangkan Pilkada 2015 dengan meraup 292.248 suara atau 76 persen.

Di tengah kepemimpinannya, tahun 2018 Emil akhirnya memutuskan untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa maju dalam Pilkada Jatim, hingga sukses merengkuh kemenangan.

Estafet kepemimpinan Trenggalek akhirnya dilanjutkan wakilnya Mochammad Nur Arifin. Kini M Nur Arifin maju sebagai calon bupati dengan menggandeng politikus muda Syah Mohammad Natanegara, dengan diusung koalisi tujuh parpol, PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Hanura dan PPP. Sedangkan penantangnya adalah mantan direktur Jasa Tirta 1 Alfan Rianto bersama Zaenal Fanani dengan diusung PKB dan PKS.

(iwd/iwd)