Mantan Sekda Bondowoso Positif COVID-19, Sidang Putusan Ditunda

Chuk S Widarsha - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:39 WIB
Pengadilan Negeri Bondowoso
Sidang putusan mantan Sekda Bondowoso Ditunda (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Sidang kasus ancaman pembunuhan yang dilakukan mantan Sekda Bondowoso, Syaifullah dengan agenda pembacaan putusan, akhirnya ditunda. Pasalnya, Syaifullah diketahui positif COVID-19.

"Iya, benar. Beliau dinyatakan positif COVID-19 sejak Jumat lalu," jelas Plt RSUD dr Koesnadi Bondowoso dr Yus Priatna, kepada wartawan, Rabu (2/12/2020)

Menurutnya Yus, Syaifullah saat ini dalam perawatan di rumah sakit sejak lima hari lalu, tepatnya sejak Jumat (27/11/2020), dengan keluhan gejala sesak dan batuk. Diduga Syaifullah terpapar dari istrinya.

Untuk diketahui, Sekda Bondowoso nonaktif Syaifullah dimejahijaukan atas ancaman pembunuhan terhadap mantan Kepala BKD Alun Taufana. Saat ini sidangnya telah memasuki babak akhir atau putusan.

Pada sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Syaifullah dengan hukuman 5 bulan penjara dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 2 bulan penjara.

Namun, pada sidang dengan agenda pembacaan putusan tersebut Syaifullah tak tampak hadir di Pengadilan Negeri. Di ruang tunggu, hanya terlihat penasihat hukumnya, Husnus Sidqi, bersama timnya saja.

"Beliau dalam keadaan sakit. Oleh sebab itu, ia tak bisa hadir," katanya.

Namun saat didesak terkait penyakit yang diderita Syaifullah, Husnus tak menyebutkan secara gamblang. Ia bilang, keterangan dokter hanya menyebutkan Syaifullah sakit.

"Selanjutnya kami serahkan ke majelis hakim. Dilanjutkan, ditunda, atau bagaimana itu kewenangan majelis hakim," pungkas Husnus Sidqi. (iwd/iwd)