KPU Surabaya Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Protokol Kesehatan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 22:39 WIB
KPU Surabaya menggelar simulasi pemungutan suara dengan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Simulasi yang digelar di Mapolrestabes Surabaya ini berlangsung setengah hari.
KPU Surabaya menggelar simulasi pemungutan suara/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

KPU Surabaya menggelar simulasi pemungutan suara dengan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Simulasi yang digelar di Mapolrestabes Surabaya ini berlangsung setengah hari.

Komisioner KPU Kota Surabaya Soeprayitno mengatakan, pihaknya mengelar simulasi mulai pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi suara dengan mengedepankan protokol kesehatan. Simulasi yang kesekian kalinya itu diminta oleh pihak Polrestabes Surabaya.

"Dalam simulasi itu kita mengedepankan 12 hal baru. Dalam simulasi itu, kami melibatkan panitia pemilihan Kecamatan (PPK), serta PPS, pengawasan, keamanan, saksi dan juga pemilih," ungkap Soeprayitno kepada detikcom, Minggu (29/11/2020).

Soeprayitno menjelaskan, simulasi tersebut untuk pemilih yang masuk DPT, DPTB dan pemilih yang masuk DPPH. Selain itu juga untuk yang disabilitas, contohnya tuna netra, tuna daksa, juga pemilih ketiga atau yang sedang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Dan ada adegan mendatangi pemilih yang menjalani rawat inap di rumah sakit. Tadi dalam simulasi itu dipantau oleh anggota Bawaslu," ungkap Soeprayitno.

Sedangkan untuk 12 hal baru yang disimulasikan di Mapolrestabes Surabaya tadi, seperti pemakaian face shield, alat pengukur suhu, disinfektan, baju hazmat, ruang khusus bagi pemilih dengan suhu 37,3 derajat celsius, tempat cuci tangan, sarung tangan plastik untuk pemilih, sarung tangan medis untuk KPPS, masker dan tempat sampah.

Selanjutnya
Halaman
1 2