KPU Ponorogo Siapkan Bilik Khusus Warga Bersuhu Tinggi dalam Pilkada 2020

Charolin Pebrianti - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 13:21 WIB
Sebanyak 50 kabupaten/kota di Indonesia menggelar simulasi pencoblosan untuk Pilkada 2020. Salah satunya Kabupaten Ponorogo.
Simulasi pencoblosan di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Sebanyak 50 kabupaten/kota di Indonesia menggelar simulasi pencoblosan untuk Pilkada 2020. Salah satunya Kabupaten Ponorogo.

"Hari ini se-Jatim yang menggelar simulasi ada 4 kabupaten, termasuk Ponorogo," tutur Divisi Teknis Penyelenggara KPU Ponorogo, Arwan Hamidi kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Arwan menambahkan, saat simulasi pihaknya mengundang para pemilih riil yang berasal dari warga setempat, berjumlah 340 orang. "Simulasi ini penting untuk melihat bagaimana kesiapan KPU di masa pandemi, termasuk seberapa efektif waktu, jaga jarak dan proses pemilihan," jelas Arwan.

Di sini, lanjut Arwan, dilengkapi dengan 2 bilik pemungutan suara dan satu bilik khusus bagi warga yang bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

"Nanti kita siapkan pendamping satu orang, untuk warga yang memerlukan pendampingan," ujar Arwan.

Selain itu, kertas suara yang sudah dicoblos oleh warga dari bilik khusus tetap dimasukkan menjadi satu kotak dengan yang lain.

"Kita juga akan rutin semprot desinfektan supaya semua aman," papar Arwan.

Pun juga untuk rekapitulasi nantinya bakal menggunakan aplikasi sirekap. Tujuannya untuk mempercepat proses rekapitulasi sekaligus bisa dipantau secara langsung oleh KPU RI.

"Tiap TPS ada akun sendiri untuk memasukkan penghitungan ke dalam sirekap," pungkas Arwan.

(sun/bdh)