Pemkab Sidoarjo Beri Bantuan Ambulans dan Mesin Serologi ke 7 Puskemas

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 17:44 WIB
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono
7 Puskesmas di Sidoarjo mendapat bantuan ambulans ( Foto: Istimewa)
Sidoarjo -

Sebanyak 7 puskesmas mendapat bantuan ambulans beserta mesin tes serologi dari Pemkab Sidoarjo. Bantuan diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56.

"Pemkab sudah merealisasikan, memberikan tujuh ambulance standar internasional kepada tujuh puskesmas. Dan ditambah bantuan alat serologi depan mesin. Alat ini kegunaannya seperti alat rapid test tapi lebih akurat hasilnya," ujar Hudiyono, Jumat (27/11/2020).

Dikatakan Hudiyono, dari total 26 puskesmas yang ada di Sidoarjo, kini hanya tinggal 2 puskesmas yang masih belum memiliki ambulans. Sedangkan untuk mesin tes serologi, tercatat ada 8 puskesmas yang sudah memilikinya.

Kedelapan puskesmas itu yakni di Taman, Krian, Waru, Sidoarjo yang memiliki mesin tes serologi jebis abbot. Adapun empat lainnya yaitu Porong, Sukodono, Tarik dan Wonoayu memiliki mesin tes jenis roche.

Peringatan Hari Kesehatan itu sendiri dimafaatkan Hudiyono dengan melaksanakan menggelar gowes bareng Forkopimda. Dalam kesempatan itu, ia terus mengampayekan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Sebab, menurutnya, masyarakat kini sudah mulai kendor melaksanakan 3M. Karena hal itu, ditemukan ada kenaikan jumlah kasus positif COVID-19.

"Kita jangan sampai kendor 3M. Meski Sidoarjo sudah zona kuning, karena pengalaman kemarin kita agak kendor, hari libur kemarin ada kenaikan signifikan jumlah kasus positif," tegas Hudiyono.

(iwd/iwd)