Kapolda Jatim Siapkan Personel Gabungan Wujudkan Aman dan Patuh Prokes

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 14:10 WIB
Kapolda Jatim Siapkan Personil Gabungan Siap Wujudkan Aman, damai, sejuk dan Patuh Protokol Kesehatan
Kapolda Jatim (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Polda Jatim siap mengamankan Pilkada Serentak yang akan digelar di 19 Kota/Kabupaten. Pilkada tahun ini masih kondisi pandemi COVID-19, Kapolda Jatim Irjen Nico Afianta mengimbau seluruh paslon agar mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, pihaknya juga agar seluruh paslon mematuhi aturan KPU serta Bawaslu.

"Untuk pengamanan pilkada kami mengimbau kepada seluruh paslon, agar mematuhi protokol kesehatan, agar mematuhi peraturan KPU yang sudah dikeluarkan dan peraturan nomor 4 Bawaslu yang sudah mengatur terkait dengan masalah Pilkada," kata Nico Afianta kepada wartawan, Jumat (26/11/2020).

Nico menegaskan jika Polri bersama TNI akan netral. Pihaknya juga telah meminta jajarannya untuk mematuhi dan mempedomani.

"Kami dari kepolisian tentunya bersama-sama dengan TNI tetap netral dan anggota sudah kami 87 untuk mematuhi dan kami beritahu melaksanakan dan mempedomani hal tersebut," tegas Nico.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemetaan di seluruh wilayah di Jawa Timur, mulai tingkat kerawanan terjadinya konflik hingga kerawanan yang lain selama pilkada berlangsung. Meski hingga proses pendaftaran dan massa kampanye masih berjalan aman dan lancar.

"Tentu jadi sudah ada peta kerawanan daerah, yang pertama peta kerawanan yang sudah ditentukan oleh Polri sendiri, ada IKP, yang kedua ada indek kerawanan yang dikeluarkan oleh Bawaslu," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2