Sekilas Jatim: Crazy Rich Ucap Ultah Pakai Baliho-Pipa Gas Semburkan Api

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 22:25 WIB
Video TikTok crazy rich Surabaya saat memberikan kejutan ulang tahun pada istrinya dengan memasang baliho, viral di media sosial. Berapa biaya pemasangan baliho itu?
Crazy Rich Surabaya pasang baliho ucapan ultah (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)

Pipa Gas di Kota Mojokerto Bocor Semburkan Api

Pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jalan Raya Surodinawan, Kota Mojokerto mendadak bocor dan menyemburkan api. Semburan api sempat membuat panik warga sekitar.

Semburan api mendadak muncul dari selokan di depan tempat parkir SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika, Jalan Raya Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Api yang menyembur terlihat sekitar 1 meter dari selokan.

Kebakaran ini sontak saja membuat para pedagang berhamburan menjauh. Mereka takut terkena sambaran api. Seperti yang dilakukan Rohman (50), pedagang buah di Jalan Raya Surodinawan, tepat di seberang jalan semburan api.

"Saya sempat panik lihat semburan api. Takutnya gas yang terpendam meledak atau ada bahan kimia lain. Saya juga sempat menjauh menghindari kabel listrik. Takutnya kabel listrik di atas ikut kebakar, lalu jatuh mengenai saya," kata Rohman kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (25/11/2020).

Ia menjelaskan, semburan api muncul sekitar pukul 16.00 WIB. Seorang satpam SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika berusaha memadamkan api menggunakan air dari keran.

"Apinya tidak bisa padam saat disemprot air oleh satpam SMK Kesehatan," terang Rohman.

gas bocor di mojokertoPipa gas bocor di Kota Mojokerto/ Foto: Enggran Eko Budianto

Sekitar 30 menit kemudian, 2 mobil pemadam kabakaran (Damkar) tiba di lokasi. Petugas menyemprotkan busa atau foam ke arah semburan api. Hanya sekitar 5 menit, api bisa dipadamkan. Namun, bau menyegat gas terus tercium dari pipa yang bocor.

"Sekarang gasnya masih terus bocor," jelas Komandan Regu Damkar Kota Mojokerto Suyitno.

Kebocoran gas baru bisa diatasi setelah 4 petugas dari PT Gagas Energi Indonesia tiba di lokasi. PT Gagas merupakan anak perusahaan PT PGN.

Koordinator Bagian Operasi Kota Mojokerto PT Gagas Energi Indonesia Yogi Nugroho menuturkan, pipa yang bocor milik PGN. Yaitu berupa pipa warna kuning berdiameter 20 milimeter. Pipa HDPE ini mengalirkan gas ke rumah warga.

"Penyebab kebocoran karena ada orang membakar sampah di selokan (dekat pipa PGN). Karena ada bekas bakaran sampah di situ. Sehingga pipa galvanis ukuran 1 inchi panas, pipa PE meleleh, gasnya keluar," ungkapnya.

Untuk menghentikan bocornya gas, petugas memotong pipa HDPE yang bocor, lalu menutupnya dengan alat khusus. "Besok baru kami lakukan penggantian pipa," tandas Yogi.

Halaman

(fat/fat)