Polisi Bikin Check Point Cegah Kecelakaan di Jalur Ekstrem Mojokerto-Batu

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 20:53 WIB
polres mojokerto
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Sat Lantas Polres Mojokerto bersama Dishub dan relawan membuat check point di jalur wisata Pacet-Cangar, Kota Batu. Check point ini melayani pemeriksaan kendaraan dan kesehatan pengemudi secara gratis untuk mencegah kecelakaan di jalur yang terkenal ekstrem tersebut.

Jalan Pacet-Cangar selalu ramai kendaraan tiap akhir pekan karena menjadi jalur ke banyak objek wisata. Jalur alternatif Mojokerto-Kota Batu ini terkenal ekstrem karena diwarnai tanjakan, turunan curam, serta tikungan tajam. Hampir di sepanjang jalur berupa jurang yang dalam.

Kecelakaan pun kerap terjadi di jalur ini. Baik melibatkan sepeda motor maupun mobil. Rem blong menjadi penyebab mayoritas kecelakaan. Karena rem kendaraan terbakar saat melalui turunan curam.

Polisi bersama para relawan sejak lama berupaya mencegah kecelakaan di jalur ini. Mulai dari memasang imbauan memakai gigi persneling 1 saat turun, hingga membuat 2 jalur penyelamat.

Yakni jalur khusus untuk mencegah kendaraan masuk ke jurang, meredam efek benturan, serta mengurangi laju kendaraan yang remnya blong.

Kali ini, Satlantas Polres Mojokerto kembali berinovasi dengan membuat check point di jalur ekstrem Pacet-Sendi. Tepatnya di tikungan Gotekan, Desa/Kecamatan Pacet. Bersama Dishub dan relawan, polisi melayani pemeriksaan kendaraan dan kesehatan pengemudi secara cuma-cuma.

"Karena beberapa kecelakaan diakibatkan kelalaian pengemudi, seperti tidak mengecek rem dan kondisi kesehatan. Sehingga check point kami gelar untuk memeriksa kelayakan kendaraan roda 4 maupun roda 2, serta pemeriksaan kesehatan pengemudi gratis," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander di lokasi, Minggu (22/11/2020).

Melalui pemeriksaan kendaraan dan kesehatan pengemudi, Dony berharap bisa mencegah kecelakaan di jalur ekstrem Pacet-Cangar. Dia ingin memastikan setiap kendaraan yang melintas di jalur wisata ini dalam performa baik. Khususnya sistem pengereman pada kendaraan.

"Kami berharap nihil kecelakaan di jalur wisata Pacet ini," tegasnya.

Check point ini juga dimanfaatkan untuk mengedukasi para wisatawan agar selalu mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19. Mulai dari disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, hingga menghindari kerumunan di tempat wisata.

(iwd/iwd)