Sejuta Pohon Ditanam di Kaki Gunung Welirang untuk Cegah Bencana Alam

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 19:04 WIB
polres mojokerto
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Satu juta pohon ditanam di kaki Gunung Welirang untuk memperingati hari pohon sedunia. Gerakan menanam pohon ini juga untuk mencegah bencana alam di Kabupaten Mojokerto.

Gerakan menanam satu juta pohon ini digelar di Desa Nogosari, Kecamatan Pacet yang terletak di kaki Gunung Welirang. Penanaman pohon dipimpin langsung Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Himawan Estu Bagijo, dan Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto.

Kegiatan ini juga diikuti polisi hutan dan ibu-ibu Bhayangkari Cabang Mojokerto. Nampak Kapolres Dony Alexander mengajari putrinya menanam pohon buah-buahan di tempat ini.

"Kami tanam satu juta pohon untuk memperingati hari pohon sedunia (yang diperingati 21 November). Targetnya wilayah Mojokerto hijau, sehat, sejuk dan jauh dari bencana alam," kata Dony kepada wartawan di lokasi, Minggu (22/11/2020).

Penanaman satu juta pohon tesebut, lanjut Dony, untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Selain itu, pohon-pohon yang ditanam diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat dalam waktu 1-2 tahun ke depan.

"Kami menanam beragam pohon buah, seperti alpukat dan durian supaya bisa dinikmati masyarakat setempat. Juga supaya masyarakat ikut menjaga pohon ini," terangnya.r

Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo menjelaskan, satu juta pohon kali ini ditanam di tiga tipe lahan. Yaitu lahan tidak produktif, lahan serapan air, dan lahan rawan tanah longsor.

"Kami berharap lahan tidak produktif menjadi produktif, lahan rawan bencana kami tanami supaya terhindar dari bencana, lahan serapan air dengan adanya pohon akan menjadi sumber mata air masyarakat," tandasnya.

(iwd/iwd)