Hujan Disertai Angin Kencang Rusak 14 Rumah dan 3 Tiang Listrik di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 18:52 WIB
angin kencang di sidoarjo
Tiang listrik roboh dan miring gegara hujan disertai angin kencang (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Hujan deras disertai angin kencang melanda Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Akibatnya, belasan rumah rusak, satu tiang listrik roboh, dan dua tiang listrik lainnya miring.

Gendut (35), warga Desa Klopo Sepuluh mengatakan hujan dan angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan disertai angin kencang itu terjadi sekitar 3-5 menit saja.

Namun efeknya dahsyat. 10 Rumah di RT 10, RW 4 dan 4 rumah di RT 4, RW 2 rusak. Belasan rumah tersebut kategori kerusakannya ringan. Satu tiang listrik roboh dan dua lainnya miring.

"Saat kejadian, warga sekitar banyak yang takut karena ada tiang listrik yang rusak dan roboh. Akibatnya kabel litrik nglewer di jalan," kata Gendut kepada detikcom di lokasi, Minggu (22/11/2020).

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan hujan disertai angin kencang merusak belasan rumah di dua RT di Desa Klopo Sepuluh Sukodono.

"Ada 14 rumah katagori kerusakannya ringan, yakni di RT 10 berjumlah 10 rumah. Sedangkan di RT 4 berjumlah 4 rumah," kata Dwijo.

Sementara itu di tempat yang sama, Adi Heriyanto Menager ULP PLN Kota Sidoarjo mengatakan akibat hujan disertai angin kencang, ada 3 tiang listrik yang rusak, satu tiang ronoh dan dua tiang miring.

"Sebenarnya ini masuk wilayah Surabaya barat, totalnya ada tiga tiang yang bermasalah. Diperkirakan ada ratusan rumah yang padam," kata Heri.

Heri menjelaskan meski ini masuk wilayah Surabaya barat tapi pihaknya berusaha semaksimal mungkin. Ada sekitar 25 personel dari PLN Sidoarjo yang membantu PLN Surabaya barat.

"Dari PLN Sidoarjo kami kerahkan 25 personel dibantu dengan sarana dua mobil gangguan, satu unit skylift dan satu unit mobil crane. Targetnya malam ini listrik warga desa harus menyala," jelas Heri.

(iwd/iwd)