Puluhan Rumah di Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Kencang

Suparno - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 20:20 WIB
Foto: Suparno
Foto: Suparno
Sidoarjo - Hujan disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Sidoarjo. Puluhan rumah warga rusak tersapu angin kencang.

Daerah yang dilanda angin kencang adalah Desa Sugihwaras dan Desa Tenggulunan di Kecamatan Candi. Sedangkan desa yang terdampak angin kencang di Kecamatan Sukodono adalah Desa Masangan Kulon, Masangan Wetan, dan Desa Klopo Sepuluh.

Menurut Kepala BPBD Sidoarjo Dwidjo Prawiro, angin kencang terjadi sekitar pukul 14.20 WIB. Jumlah rumah yang rusak di Desa Tenggulunan Kecamatan Candi ada 11 rumah. Desa Sugihwaras Kecamatan Candi ada 6 rumah. Desa Masangankulon Kecamatan Sukodono ada 33 rumah. Desa Masangwetan Kecamatan Sukodono ada 3 rumah dan Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono ada 4 rumah.


"Itu data sementara yang masuk akibat angin kencang yang melanda Desa Sugihwaras dan Tenggulunan Kecamatan Candi, Desa Masangan kulon, Masangan Wetan, dan Klopo Sepuluh Kecamatan Sukodono," kata Dwijo kepada wartawan, Kamis (16/1/2020)

Dwijo menambahkan pihaknya masih belum bisa memastikan jumlah kerusakan rumah akibat angin kencang tersebut. Jumlah pastinya masih dilakukan pendataan. Jenis kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang tersebut hanya rusak ringan.

"Kerusakan rumah warga hanya genteng dan juga asbes yang digunakan untuk atap rumah warga terbang terbawa angin," tambah Dwijo.


Sementara itu Kapolsekta Sukodono AKP Eka Anggriana mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk memberikan pertolongan kepada warga yang rumahnya rusak. Pihaknya menyebutkan bahwa di dua desa di Kecamatan Sukodono ada belasan rumah yang rusak.

"Di wilayah kecamatan Sukodono ada belasan rumah yang rusak. Namun kerusakan tidak terlalu parah, hanya atap rumahnya yang bertentangan," kata Eka.


Tonton juga Tembok Wahana Wisata di Pasuruan Roboh Diterjang Hujan Angin :

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)