KPU Banyuwangi Targetkan Kebutuhan Surat Suara Rampung Minggu Depan

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 18:18 WIB
kpu banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

KPU Banyuwangi menargetkan 1,3 juta lebih kebutuhan surat suara pemilih Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 rampung dalam seminggu ke depan. Menyusul ajang kontestasi 5 tahun yang kurang 19 hari lagi memasuki masa pencoblosan, 9 Desember 2020.

Untuk mengakomodasi seluruh hak suara, setidaknya KPU Banyuwangi membutuhkan surat suara sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Yakni sebanyak 1.309.839 lembar surat suara ditambahkan dengan 2,5 persen kebutuhan surat suara di tiap TPS.

"Kita targetkan rampung dalam satu Minggu itu. Jadwalnya tanggal 22 depan ini surat suara sudah mulai dikirimkan ke gudang logistik KPU Banyuwangi. Kebutuhannya sesuai DPT ditambah 2,5 persen, dihitung dari masing-masing TPS bukan dari DPT global," kata Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa kepada detikcom, Jumat (20/11/2020).

Menurut Ari, proses persiapan untuk keperluan pemilihan pada 9 Desember mendatang sudah mencapai 90 persen. Mulai dari kebutuhan alat pelindung diri (APD) dan beberapa kebutuhan TPS lainnya.

"Kebutuhan APD untuk seluruh panitia pelaksana sudah lengkap. Kotak suara, tinta dan bilik juga sudah. Tinggal menunggu sisanya, seperti surat suara, bantalan dan alat coblos," sebut Ari.

Untuk kebutuhan tenaga pelipatan kertas suara, KPU mengaku masih belum menginventarisir berapa jumlah yang akan dilibatkan. Namun, KPU memastikan gudang penyimpanan logistik saat ini mencukupi untuk melangsungkan setiap persiapan yang dibutuhkan, termasuk pelipatan kertas suara.

"Untuk skala kebutuhan tenaga pelipatan kertas suara nanti ada tim sendiri. Namun mekanismenya harus sesuai protokol pencegahan penularan COVID-19. Karena antara satu tenaga pelipat dengan yang lainnya harus diatur sedemikian rupa. Mulai dari jarak dan penggunaan masker atau face shield," jelas Ari.

"Secara keseluruhan, kebutuhan untuk pelaksanaan di hari pemilihan sudah mencapai 90 persen. Untuk kebutuhan SDM sudah. Tinggal beberapa item saja yang dibutuhkan di TPS nanti dan kita upayakan secepatnya selesai semua," kata Komisioner KPU Banyuwangi tersebut.

Seperti diketahui, di Banyuwangi terdapat dua calon yang akan bertanding di panggung politik Pilbup Banyuwangi 2020. Paslon nomer urut 01, Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy akan memperebutkan suara rakyat dengan paslon nomer urut 02, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah.

(iwd/iwd)