Kotak Suara, Hand Sanitizer dan Disinfektan Tiba di KPU Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 18:55 WIB
Logistik Pemilu Sudah Diterima KPU Banyuwangi
KPU Banyuwangi terima logistik pemilu (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

KPU Banyuwangi menerima logistik Pilbup Banyuwangi 2020. Hingga kini belum 50 persen logistik pemilu yang sudah datang di gudang KPU. Di antaranya perlengkapan hand sanitizer dan disinfektan, untuk antisipasi penularan COVID-19.

Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa, logistik yang sudah diterima sejauh ini belum mencapai 50 persen keperluan. Hanya sebatas keperluan di TPS dan beberapa keperluan perlindungan diri seperti hand sanitizer dan cairan disinfektan saja.

"Untuk logistik di TPS masih 2 item yang sudah datang, kotak suara dan tinta. Sedangkan untuk alat pelindung diri yang sudah datang itu adalah hand sanitizer, sabun cuci tangan dan keperluan disinfektan serta face shield. Ini kami sedang proses bongkar muat," kata Ari Mustofa kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Untuk skema pencoblosan nanti, dijelaskan Ari akan diterapkan sesuai protokol pencegahan COVID-19. Sebelum masuk ke TPS, pemilih akan diarahkan untuk mencuci tangan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

"Sebelum masuk TPS, petugas KPPS akan mengukur suhu tubuh. Kalau didapatkan suhu tinggi maka akan diarahkan ke bilik khusus. Jadi yang memiliki suhu tubuh tinggi tidak usah antre dengan yang lain dan langsung menuju bilik khusus ini," jelas Ari.

Untuk mencegah klaster penularan di TPS, KPU nantinya akan memberikan fasilitas pelindung diri kepada setiap calon pemilih.

Selanjutnya
Halaman
1 2