Puting Beliung Terjang Desa di Blitar, Ratusan Pohon Tumbang dan 5 Rumah Rusak

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 17:43 WIB
Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang sebuah desa di Kabupaten Blitar. Dalam sekejap, ratusan pohon tumbang dan menimpa lima rumah warga.
Pohon tumbang di Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Hujan deras disertai puting beliung menerjang sebuah desa di Kabupaten Blitar. Dalam sekejap, ratusan pohon tumbang dan ada yang menimpa lima rumah warga.

Bencana alam ini terjadi di dua dusun. Yakni Dusun Kakahrejo dan Sidomulyo, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok. Berdasarkan keterangan dari Kapolsek Ponggok, Iptu Soni Suhartanto, jumlah rumah yang rusak tertimpa pohon di Dusun Kakahrejo ada 4. Sedangkan di Dusun Sidomulyo hanya satu rumah.

"Rumah Bu Mariam ini yang paling parah rusaknya akibat tertimpa pohon roboh. Tapi beruntung, kondisi rumah kosong karena Bu Mariam tinggal di rumah anaknya," kata Soni saat dihubungi detikcom, Kamis (19/11/2020).

Menurut Soni, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Desa Sidorejo sekitar pukul 13.30 WIB. Tiba-tiba angin puting beliung menerjang. Di lokasi banyak pohon sengon dengan diameter bervariasi, antara 10 sampai 20 cm.

"Ini kan jalan setapak yang posisinya nikung ke kanan gitu. Nah pohon-pohon yang tumbang ini hanya yang ada di sisi kiri jalan. Jadi hanya sederetan kiri jalan saja yang tumbang," imbuhnya.

Soni menambahkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya ada seorang warga Dukuh Kakahrejo yang tergores keningnya, akibat tertimpa genteng yang jatuh.

Saat ini, anggota Polsek Ponggok dibantu warga sekitar sedang membersihkan pohon-pohon yang tumbang dan menutup jalan. Memakai gergaji listrik, batang-batang pohon yang tumbang dipotong, lalu disingkirkan ke tepi jalan.

(sun/bdh)