Sekdes di Tuban Jalani Praperadilan Usai Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 13:40 WIB
Sekdes Cempokorejo Layangkan Gugatan Prapid Ke PN Tuban
Sidang praperadilan Sekdes Cempokorejo yang digelar Pengadilan Negeri Tuban/Sekdes Cempokorejo
Tuban -

Sekdes Cempokorejo, Kecamatan Palang menjalani praperadilan. Sebelumnya ia ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) oleh penyidik Satreskrim Polres Tuban.

Sekdes ini yakni Susilo Hadi Utomo. Ia tidak terima dan menyoal penetapan tersangka tersebut. Namun dalam sidang praperadilan yang digelar Pengadilan Negeri Tuban, ia kalah.

Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar Kusuma menegaskan, pengajuan praperadilan tersangka ditolak oleh hakim dengan berbagai pertimbangan. Majelis hakim berpendapat, proses penetapan tersangka oleh pihak kepolisian sudah sesuai dengan aturan hukum.

"Benar permohonan praperadilan kami tolak, dan polisi dalam penetapan tersangka sudah sesuai prosedur," jelas Donovan kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri menyambut baik putusan pengadilan. Menurutnya, penyidik yakin penetapan status tersangka dalam kasus korupsi BPNT sudah sesuai prosedur.

Bahkan, saat ini tersangka sudah tidak lagi dikenakan pasal penggelapan. Melainkan sudah dijerat UU tindak pidana korupsi.

"Kami akan menindak dan menetapkan tersangka sesuai fakta hukum. Memang saat ini tersangka juga belum kami tahan," kata AKP Yoan.

Selanjutnya
Halaman
1 2