Polres Tuban Siap Sambut Wilayah Bebas Korupsi dan WBBM

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 18:30 WIB
Polres Tuban
Foto: Ainur Rofiq
Tuban -

Setelah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada akhir tahun 2018 lalu, pada tahun 2020 ini Polres Tuban termasuk salah satu di antara 8 (delapan) satker di jajaran Polda Jatim, yang kembali diusulkan dalam rangka pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2020.

Tim Penilai Internal dari Mabes Polri, pun datang untuk melakukan penilaian, Jumat (6/11/2020). Tim Penilai Internal pembangunan zona integritas menuju WBBM yang dipimpin oleh Kombes Meilina D. Irianti, didampingi AKBP Juli Setyadi dari RBP Rorena Polda Jatim. Mereka diterima langsung oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono.

Kombes Meilina D. Irianti, mengatakan, pencanangan komitmen untuk membangun wilayah birokrasi bersih melayani, wajib dilakukan. Polres Tuban sebagai satu dari 8 satker di Polda Jatim diharapkan bisa mewujudkan hal tersebut.

"Kita jangan terlena menjadi Polisi yang dilayani tapi kita harus jadi Polisi yang melayani," ujarnya.

Dalam penilaian internal tersebut, rombongan melakukan pengecekan di beberapa tempat pelayanan. Termasuk juga melakukan pengecekan terhadap program-program unggulan Polres Tuban. Di antaranya, Pelayanan SPKT, Pelayanan Penerbitan SIM, Pelayanan Info Penyidikan serta Pelayanan Penerbitan SKCK.

Setelah itu Tim melanjutkan pengecekan ke lantai dua gedung pusat pelayanan tepatnya di Posko kampung tangguh Semeru Polres Tuban.

Ketua tim Kombespol Meilina D. Irianti, juga menyempatkan untuk berinteraksi langsung melalui Zoom metting dengan Bhabinkamtibmas KTS Sidorejo Kecamatan Tuban. Dimana tiga pilar di kecamatan sedang bersama pengurus kampung tangguh memberikan himbauan-himbauan kepada warga agar mentaati Protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker khususnya di wilayah kelurahan Sidorejo.

Kegiatan diakhiri penandatanganan bukti bahwa Polres Tuban telah di supervisi dan di Asistensi oleh Tim Penilai Internal dari Mabes Polri dalam upaya menuju WBBM.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyambut baik penilaian internal tersebut. Kapolres berharap Polres Tuban bisa meraih predikat WBBM.

"Dengan semangat yang tinggi, kita juga berharap Polres Tuban bisa meraih predikat WBBM. Karena selama ini kita telah berinovasi dan memberikan pelayanan kepada publik dengan baik," jelas AKBP Ruruh Wicaksono.

(fat/fat)