Kok Bisa Mobil Dibarter Tanaman Hias, Ini Penjelasannya

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 21:16 WIB
viral mobil dibarter tanaman hias
Iqbal membarter mobilnya dengan tanaman hias (Foto: Tangkapan layar)
Kediri -

Siapa sangka harga tanaman hias bisa mencapai harga sebuah mobil Toyota Avanza. Buktinya adalah viralnya mobil yang dibarter dengan tanaman hias di Kediri.

Pemilik mobil yang rela mobilnya dibarter dengan tanaman hias adalah Iqbal Akbar Muhammad. Iqbal bersama kakaknya, Ilham Akbar Soleh, mmepunyai bisnis jual beli tanaman hias. Usaha itu sudah ia gelut sejak remaja.

Iqbal mengatakan soal harga, tanaman hias memang mempunyai harga bervariasi tergantung jenisnya. Namun Iqbal sendiri fokus untuk tanaman hias jenis Philodendron dan Aglonema. Karena jenis tanaman hias ini lah yang banyak diekspor oleh dia.

viral mobil dibarter tanaman hiasUsaha jual beli tanaman hias milik Iqbal (Foto: Andhika Dwi Saputra)

"Kami memang hobi tanaman hias. Dan jenisnya kebetulan ada yang untuk komoditas ekspor bukan hanya domestik, seperti jenis Aglonema dan Philodendron," jelas Iqbal kepada detikcom, Senin (16/11/2020)

Disinggung mengenai harga bunga yang ada di kebunnya, Iqbal enggan dan merasa kurang enak diutarakan melalui media. Namun ia membenarkan bahwa hasil bertanam tanaman hias selama ini telah berwujud menjadi rumah dan sejumlah barang lainnya.

Iqbal hanya menjelaskan bahwa harga bunga hias saat ini ada yang seharga mobil mewah Toyota Alphard. Tetapi tanaman hias seharga Alphard itu memang berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. Bisa dibilang tanaman tersebut merupakan tanaman hias terbatas atau langka.

"Kalau harga variatif, kita tidak mematok semuanya. Ini bunga bukan domestik, ini internasional dan demamnya ikut demam internasional, dan belum tahu sampai kapan demam bunga internasional ini. Yang jelas saat ini banyak eksportir muda yang menjual ke luar negeri, namun belum menguasai produksi bunganya, sehingga barang terbatas," kata Iqbal.

Iqbal menambahkan di masa pandemi ini usahanya justru semakin lancar. Banyak orang yang mencari tanaman hias. Dan ragam di seputar tanaman hias pun juga laku seperti landscape gardening yang ia juga menyediakan layanan itu.

"Alhamdulillah berkat doa para karyawan, di masa pandemi COVID 19, sekitar 20 karyawan kami tetap berkarya demi keluarganya. Dan kami masih bisa memberikan manfaat bagi sesama," pungkas Iqbal.

(iwd/iwd)