Kerap Cabuli Anak Saat Memulung, Seorang Pemulung di Surabaya Diamankan

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 20:40 WIB
pencabulan di surabaya
Tampang kakek pemulung yang cabuli 4 anak di Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Seorang kakek pemulung di Surabaya, Samsudin, ditangkap polisi. Pria 63 tahun itu kerap melakukan pencabulan terhadap anak di bawah umur saat memulung.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Iptu Fauzi Pratama mengatakan tersangka ditangkap setelah para orang tua korban melapor. Tersangka sendiri melakukan aksinya pada bulan September dan Oktober.

"Aksinya sejak pertengahan September hingga Oktober. Kemudian ada tiga orang tua yang telah melaporkan ke kami dan akhirnya kami tangkap," ujar Fauzi, Kamis (12/11/2020).

Menurut Fauzi, tersangka tercatat sudah empat kali melakukan aksi cabulnya. Seluruh korban merupakan anak di bawah umur dari usia 8 sampai 10 tahun.

"Ada 4 korban dari keterangannya. Semuanya anak SD berusia dari 8 sampai 10 tahun," terang Fauzi.

"Tersangka kerap melancarkan aksinya saat memulung. Saat melintas di rumah korban dan berpapasan di situ yang bersangkutan langsung meraba bagian vital korban," imbuhnya.

Hingga pada aksinya yang terakhir, lanjut Fauzi, tersangka sempat terpergok oleh orang tua korban. Mendapati anaknya diperlakukan seperti itu, orang tua korban bahkan sempat memarahi tersangka.

"Yang terakhir pada 11 Oktober siang, saat tersangka melakukan aksi cabulnya bahkan sempat dipergoki ibu korban," tutur Fauzi.

"Saat itu ibu korban sempat berteriak memarahi tersangka, namun tersangka kemudian melarikan diri dengan sepeda anginnya," tambahnya.

Atas aksinya itu, kini tersangka dijerat dengan pasal 82 UU RI No 17 th 2016 Jo. Pasal 76E UU RI No. 35 tahun 2014 tentang penetapan Perpu No 1 Th 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No. 23 th 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang. Adapun ancaman maksimalnya yakni pidana 10 tahun penjara.

(iwd/iwd)