Soal Spanduk Black Campaign di Banyuwangi, Ini Respons Timses Paslon 01

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 19:18 WIB
Michael Edy Hariyanto
Michael Edy Hariyanto (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Tim Pemenangan Cabup Banyuwangi Yusuf Widyatmoko-KH Muhammad Riza Aziziy (Yuriz) mendesak polisi dan Bawaslu untuk menangkap pelaku pemasangan spanduk black campaign yang menghujat cabup perempuan. Mereka juga mengecam adanya spanduk yang seolah mem-framing paslon 01 melecehkan perempuan.

"Kami meminta kepolisian dan jajaran Bawaslu Banyuwangi untuk mengungkap pelaku pemasangan spanduk yang mencoreng tahapan Pilbup Banyuwangi," ucap Michael Edy Hariyanto, salah satu tim sukses Paslon nomer Urut 01 kepada detikcom, Selasa (10/11/2020).

"Yang pasti saya sebagai tim pemenangan 01 tidak mungkin melakukan itu. Karena saya saat Pilgub dulu sebagai Ketua Tim Pemenangan Ibu Khofifah. Ibu Khofifah itu perempuan, nggak mungkin saya mendiskreditkan perempuan," tambahnya.

Michael mengecam keras pelaku maupun aktor intelektual di balik spanduk provokatif tersebut. Perbuatan tersebut dinilainya sebagai cara licik untuk meraup dukungan masyarakat. Bahkan dia menduga ada pihak-pihak tertentu untuk mem-framing seolah-olah pelakunya adalah dari paslon 01.

"Ini Cara yang kotor dan licik. Seolah-olah 01 yang menghina dan memasang (spanduk tersebut) untuk mencari massa. Saya tidak menuduh 02 yang melakukan ini (untuk mem-framing). Tapi saya tidak setuju dengan cara-cara tersebut," tegas pria yang juga menjabat wakil ketua DPRD Banyuwangi ini.

Untuk itulah, Michael mendesak aparat kepolisian agar mengungkap siapa pelaku maupun aktor intelektual yang memasang spanduk provokatif tersebut.

"Saya minta polisi, Kapolresta untuk menangkap. Karena itu pasti ada yang tahu (saat pemasangan). Saya lihat itu terpasang rapi di depan rumahnya orang. Pasti yang punya rumah tahu. Ungkap saja siapa dalangnya itu," tegasnya.