Cegah Bencana Hidrometeorologi, Pj Bupati Blitar Tertibkan Tambang Pasir Ilegal

Erliana Riady - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 09:40 WIB
Pj Bupati Blitar Tertibkan Tambang Pasir Ilegal
(Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Pejabat Sementara (Pj) Bupati Blitar, Budi Santoso akan menertibkan tambang pasir liar. Selain mencegah bencana hidrometeorologi, upaya ini untuk menambah pemasukan daerah.

Budi yang juga Kasatpol PP Provinsi Jatim mengatakan, tugas pol pp adalah menegakkan perda, perkada dan juga trantib serta linmas. Niatan menertibkan tambang pasir ilegal ini dijadikan program utama, setelah berdialog dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kenapa jadi target, karena pemicu kedua bencana hidrometeorologi adalah maraknya tambang pasir ilegal. Kabupaten Blitar, merupakan satu di antara daerah di Jatim yang banyak penambang liarnya. Selain Tulungagung, Mojokerto dan Lumajang," kata Budi kepada detikcom, Senin (9/11/2020).

Pada 5 Oktober lalu, sebanyak tiga lokasi telah dipasang plang larangan menambang pasir secara liar. Pemasangan plang berlokasi di sepanjang bantaran Sungai Brantas di wilayah Kecamatan Sutojayan.

Pertambangan yang tak memiliki izin adalah bentuk pelanggaran. Selain meresahkan masyarakat, itu juga bisa merusak keseimbangan lingkungan hidup yang ada di sekitaran lokasi penambangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2