Warga Munjungan Kritisi Pjs Bupati Trenggalek yang Tak Tengok Korban Bencana

Adhar Muttaqien - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 13:48 WIB
pjs bupati trenggalek Benny Sampirwanto
Pjs Bupati Trenggalek saat kunjungi jembatan putus di Kecamatan Dongko (Foto: Istimewa)
Trenggalek -

Sejumlah masyarakat Munjungan Trenggalek mengkritik sikap Pjs Bupati Benny Sampirwanto yang tidak menengok kondisi rentetan bencana banjir dan longsor di wilayahnya. Namun Benny justru mengunjungi bencana di daerah lain yang berskala kecil.

Salah seorang warga Munjungan Yopi Danar Andrianto menilai Benny kurang memiliki empati kepada masyarakat di daerahnya. Padahal dampak bencana di Munjungan cukup luas, mulai dari perumahan, jembatan, jalan, sekolah hingga lahan pertanian.

"Saya belum mendengar Pak Pjs Bupati kunjungan ke Munjungan (terkait bencana). Kalau terkait Pak Pjs Bupati belum ke Munjungan, saya melihatnya empatinya kurang. Tapi kami kami sebagai masyarakat Munjungan biasa, biasa merasa dianaktirikan," kata Yopi, Jumat (6/11/2020).

Menurut Yopi, pada dasarnya masyarakat di Munjungan cukup sigap dalam melakukan gotong-royong dalam menangani dampak bencana. Secara swadaya masyarakat biasanya saling bahu membahu membersihkan material longsor yang menimpa rumah-rumah warga.

Namun, kata Yopi, kehadiran seorang pemimpin di lokasi bencana juga tidak kalah penting karena kehadirannya akan memberikan dorongan moral dan psikologis kepada masyarakat yang terdampak bencana.

"Kalau masyarakat tidak terlalu berharap terkait masalah makanan, tapi kalau ada empati dari pimpinan dan datang ke lokasi, maka masyarakat akan merasa diuwongke (dihargai)," imbuhnya.

Hal senada disampaikan warga lain, Bidin Setyono. Bidin berharap pimpinan daerah agar lebih peka terhadap masyarakat Munjungan yang terkena musibah.

"Mbok ya ditengok, apalagi bencana ini besar," kata Bidin.

Selanjutnya
Halaman
1 2