Bobota Ikut Operasi Zebra di Bojonegoro, Sasar Warga yang Tak Bermasker

Ainur Rofiq - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 13:56 WIB
bobota polres bojonegoro
Bobota bisa menegur orang yang tak mengenakan masker (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Operasi Zebra Semeru 2020 dilaksanakan secara terpusat selama 14 hari. Kali ini Polres Bojonegoro melaksanakan patroli dengan Inovasi Teknologi Polres Bojonegoro yang bernama Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh) di salah satu kawasan pusat perbelanjaan di jalan Veteran.

Bobota merupakan robot kendali yang memiliki fitur utama untuk melakukan tugas patroli Kepolisian. Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, menerangkan bahwa Bobota dilengkapi dengan AI Kamera untuk mendeteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

"Ketika Robot ini bertemu masyarakat yang tidak bermasker maka akan seketika diberikan imbauan terkait protokol kesehatan" tutur Budi, Minggu (1/11/2020).

Budi menambahkan selain fitur deteksi masker, Bobota juga memiliki kamera thermal untuk mengukur suhu tubuh manusia secara real time.

"Diharapkan dengan adanya patroli Bobota akan dapat mengurangi interaksi langsung antara petugas dan masyarakat" pungkas pria lulusan Akademi Kepolisian Tahun 2000 tersebut.

Budi berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan dalam berkendara serta selalu memperhatikan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Tak sedikit warga yang diingatkan oleh Bobota untuk selalu pakai masker agar tetap terhindar dari penyebaran COVID 19.

Para petugas lantas Polres Bojonegoro yang turut dalam operasi juga mengimbau kepada pengendara motor untuk tetap tertib dan melengkapi surat dalam berkendara.

Tonton juga 'Ramai Warga Selfie di Jembatan Teluk Kendari, Razia Masker Digelar!':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)