Polisi Bojonegoro Luncurkan Robot Pendeteksi Masyarakat Tak Bermasker

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 13:18 WIB
Robot Pendeteksi Orang Tak Bermasker Di luncurkan Polisi Bojonegoro
Polisi Bojonegoro luncurkan robot pendeteksi warga tak bermasker (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro -

Polisi Bojonegoro meluncurkan robot pendeteksi masyarakat tak bermasker. Robot ini bisa mendeteksi warga tak bermasker saat berkendara. Ini sebagai upaya mendukung gerakan bermasker dan operasi perubahan perilaku di era pandemi COVID-19.

Robot tersebut diberi nama Bobota atau Robot Bojonegoro Tangguh. Bobota dilaunching di Mapolres Bojonegoro, Selasa (6/10/2020).

Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan mengatakan, robot Bobota yang dirancang dan didesain oleh salah anggotanya yang bisa membantu kinerja polisi di lapangan dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Ini dirancang dan didesain oleh anggota kita dan mungkin bisa dipastikan baru pertama kali ini di Indonesia," ujarnya saat melaunching Bobota.

Menurut Budi, Bobota ini dilengkapi Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition). Kamera ini yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor.

"Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2