Program Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor MURI

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 15:12 WIB
Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor MURI
Foto: Istimewa
Surabaya -

Dua rekor MURI dipecahkan dalam peringatan Sumpah Pemuda yang dilakukan ratusan komunitas di 58 kota/kabupaten di Indonesia Timur. Di tengah pandemi COVID-19, komunitas dengan ribuan anggota ini, berkolaborasi menggelar program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri."

Kolaborasi komunitas Indonesia Timur ini sukses menorehkan dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak.

Program kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh PMI di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 Karta. Donor darah ini berlangsung selama periode 7-28 Oktober 2020 dan diproyeksikan akan melibatkan 10.648 pendonor. Kegiatan pun digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Komunitas yang terlibat donor darah ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdvanture, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna di berbagai desa Indonesia Timur.

Gunawan Prasetyo, Tokoh Komunitas Indonesia Timur sekaligus perwakilan dari PT SCM berterima kasih kepada berbagai pihak yang membuat ide besar ini terwujud. Ia berharap sumbangan darah dari program "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kolaborasi komunitas Indonesia Timur pada peringatan hari sumpah pemuda ini luar biasa dan penuh inspirasi. Terima kasih semoga kegiatan sosial seperti ini menjadi energi bagi masyarakat Indonesia agar selalu sehat dan tetap kuat untuk segera bangkit dari pandemi COVID-19," kata Prasetyo di Surabaya, Kamis (29/10/2020).

Prasetyo menjelaskan, komunitas yang terlibat berasal dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia Timur. Komunitas Bold Riders, SuperSoccer, SuperAdventure dari Tanah Grogot di Kalimantan Timur, hingga Jayapura di Papua. Sementara komunitas Karang Taruna (Karta) dan Pokdarwis yang berada di bawah payung Heppiii Community menyebar dari Ponorogo di Jawa Timur sampai Maumere Nusa Tenggara Timur.

"Kami salut atas totalitas dan keikhlasan teman-teman komunitas untuk mengikuti donor darah di tengah kesibukan mereka bekerja. Ini adalah salah satu bukti bahwa sebagai bangsa kita tidak kehilangan ruh persatuan dan kebersamaan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2