Maulid Nabi, Satgas Ajak Masyarakat Ibadah dengan Protokol Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 16:57 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru (YouTube Setpres)
Foto: Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru (YouTube Setpres)
Jakarta -

Hari ini diperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun tahun ini sedikit berbeda karena diperingati di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Bagi umat Muslim, perayaan Maulid Nabi SAW pada tahun ini pun berjalan dengan sedikit berbeda. Berbagai bentuk perayaan Maulid Nabi SAW tentunya harus disesuaikan dengan kondisi pandemi," ujar Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara daring, Kamis (29/10/2020).

Wiku mengatakan, tujuan utama perayaan Maulid Nabi adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengangungkan Nabi Muhammad SAW. Untuk tahun ini, Wiku mengajak masyarakat beribadah dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Tujuan utama perayaan Maulid Nabi Muhammad adalah beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah serta mengangungkan Rasul SAW. Akan tetapi ingat, Islam mengajarkan kita untuk tidak zalim atau membahayakan diri sendiri sehingga kita mengambil jalan tengah, yaitu melakukan ibadah yang aman di masa pandemi, yaitu ibadah dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan," katanya.

Wiku menjelaskan, Islam mengajarkan untuk tidak membahayakan diri sendiri. Maksudnya, dalam konteks pandemi COVID-19, masyarakat yang abai protokol kesehatan berpotensi menularkan atau tertular COVID-19.

"Kita mengambil momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT agar pandemi ini segera usai," ujar Wiku.

Selanjutnya
Halaman
1 2