Pasien Sembuh Corona di Cirebon Dibujuk Donorkan Plasma Darah

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 13:40 WIB
Poster
Ilustrasi pasien sembuh Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Kabupaten Cirebon -

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon membujuk belasan pasien positif Corona yang berhasil sembuh untuk mendonorkan plasma darahnya. Hal itu dilakukan untuk membantu kesembuhan pasien positif yang dirawat di rumah sakit.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon menggunakan terapi plasma darah dalam menangani pasien positif yang dirawat di rumah sakit. Pihak rumah sakit membutuhkan ketersediaan plasma dari pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh.

"Sudah ada 15 pasien sembuh yang diminta kesediaannya untuk mendonorkan plasma darahnya," kata Ketua UTD PMI Kabupaten Cirebon J Suwanta kepada awak media di kantornya, Selasa (29/9/2020).

Suwanta mengungkapkan sudah ada dua pasien sembuh yang mendermakan plasma darahnya, yakni Kepala Disdik Kabupaten Cirebon Asdullah Anwar dan salah seorang dokter rumah sakit. Sebelum donor plasma darah, keduanya mengikuti tes swab, uji penyakit menular, cek kesehatan dan lainnya.

"Keduanya sudah donor plasma darah, masing-masing 600 sentimeter kubik. Bisa diberikan ke pasien positif yang dirawat," ucap Suwanta.

Selanjutnya
Halaman
1 2