Program Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor MURI

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 15:12 WIB
Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor MURI
Foto: Istimewa

Perwakilan Komunitas Bold Riders Tri Edi Wibowo Hartono mengaku gembira bisa menjadi bagian dari program donor darah yang melibatkan ratusan komunitas Indonesia Timur ini.

"Awalnya banyak yang takut diajak ikut donor darah. Apalagi lagi pandemi. Tapi melihat tujuannya yang sangat menarik, akhirnya banyak teman-teman di Bold Riders yang maju tak gentar melawan jarum suntik. Hehehe," tambah Edi yang juga menjabat Wakil Ketua Bold Riders Manado.

Dedy Sattardi mewakili komunitas SuperSoccer Banjarmasin mengungkapkan, kegiatan donor darah yang melibatkan ratusan komunitas ini memberikan banyak inspirasi. Bahwa di tengah situasi sulit akibat pandemi, bersatu dan saling membantu adalah cara terbaik untuk tetap bertahan.

"Seringkali kita tidak sadar bahwa hal yang mungkin sepele bagi kita tapi bisa sangat berarti buat orang lain. Donor darah ini memberikan pelajaran luar biasa bagi kami yang biasanya hanya bicara sepakbola. Alhamdulillah hidup menjadi semakin berarti," kata Dedi.

Sementara Anton Budiono dari Komunitas Arek Kencong yang merupakan bagian dari Heppiii Community Jember mengungkapkan, program donor darah komunitas ini membanggakan. Karena dilakukan di saat masyarakat serba kesulitan.

"Bisa membantu orang lain yang butuh (darah) di saat susah itu sangat berarti. Hal inilah yang mendorong banyak anggota karang taruna yang tergerak untuk mendukung program ini," ungkapnya.

Kegiatan ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi pada Hari Raya Kurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota yang terlibat. Ratusan komunitas itu melakukan penyembelihan 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing dengan lebih dari 5.000 kantong daging berhasil dibagikan ke masyarakat sekitar.


(fat/fat)