Aksi Curanmor di Kota Probolinggo: Satu Pelaku Dimassa, Dua Lagi Kabur

M Rofiq - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 22:47 WIB
Seorang pelaku curanmor di Kota Probolinggo dimassa usai terjatuh dari motor curian. Sementara dua pelaku lainnya kabur.
Warga emosi ingin menghajar pelaku curanmor/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Seorang pelaku curanmor di Kota Probolinggo dimassa usai terjatuh dari motor curian. Sementara dua pelaku lainnya kabur.

Untungnya petugas kepolisian segera tiba di lokasi. Sehingga aksi main hakim sendiri bisa dihentikan. Pelaku curanmor yang dimassa yakni Nur Kholis (30), warga Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Ia mencuri motor milik korban bernama Muhamad Nasir, warga Jalan Sunan Kalijaga, Kota Probolinggo.

Emosi warga kembali naik saat pelaku dievakuasi oleh petugas ke mobil polisi. Warga berusaha kembali menghajar pelaku. Namun polisi terus melindungi pelaku.

Kronologinya, Nur Kholis bersama 2 temannya berusaha kabur dari kejaran warga. Namun Nur terjatuh dari motor matic bernopol N 6794 SZ dan langsung jadi bulan-bulanan massa.

Menurut seorang warga, Bambang, pelaku awalnya berpura-pura bertanya seperti orang kebingungan. Di saku pelaku tersimpan kunci T untuk beraksi. Setelah mendapat motor incaran, pelaku tancap gas namun terjatuh.

"Jatuh terlibat tabrakan. Di sini pernah ada begal motor, namun baru kena pelaku hari ini. Pelaku pengalaman karena ada kunci leter T," ujar Bambang, Minggu (25/10/2020).

Menurut korban, Muhamad Nasir, motornya di parkir di depan rumah setelah pulang dari pasar. Pelaku langsung menghidupkan dan kabur. Pelaku lalu diteriaki maling hingga terjatuh di tikungan.

"Sepulang kerja dari pasar, biasa sepeda saya parkir di depan rumah. Saya minum air putih dan rokokan. Keponakan bilang ada orang bingung. Tiga pelakunya. Dua berhasil kabur. Pelaku saya teriaki maling. Pelaku jatuh di tikungan dan langsung dihajar massa," kata Nasir.

Guna penyelidikan, barang bukti motor dibawa ke Unit Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Pelaku dalam pemeriksaan penyidik untuk dilakukan pengembangan. Tim Opsnal Satreskrim langsung memburu 2 teman pelaku yang kabur. Identitasnya sudah dikantongi petugas.

(sun/bdh)