Warga Kampung di Kota Probolinggo Ini Sediakan Sayur dan Lauk Gratis

M Rofiq - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 14:51 WIB
Sebuah kampung di Kota Probolinggo menyediakan sayur mayur dan lauk pauk gratis untuk warga yang membutuhkan. Ini merupakan bentuk saling menguatkan di tengah pendemi COVID-19.
Sayur mayur dan lauk pauk gratis/Foto: M Rofiq

Halimah, salah seorang warga, bersyukur menjadi warga RT 01 Rw 02. Menurutnya, warganya saling menguatkan satu sama lainnya.

"Sayur mayur ini gratis. Setiap hari Minggu saja. Lapak sayur mayur dan lauk pauk disediakan gratis sejak ada penyebaran COVID-19. Donatur dari warga yang mampu dan donatur sayur mayur dan lauk pauk. Saat ini saya ambil tempe, tomat dan bawang," ujar Halimah, Minggu (25/10/2020).

Sementara menurut Rusmini, Ketua RW 01, ide awal pasar gratis ini karena saat pandemi COVID-19, banyak warga yang tidak mampu membeli kebutuhan pokok untuk dimasak. Akhirnya timbul ide saling menguatkan dengan menyediakan sayur mayur dan lauk gratis.

"Awalnya dari ibu-ibu RT dan ibu-ibu PKK. Terus punya ide bersama-sama, karena di sini warga ekonominya menengah ke bawah. Terus mengumpulkan beberapa sayur mayur dan lauk pauk sedikit. Terus ada donatur berdatangan menaruh di lapak gratis kami sediakan," terangnya.

"Sampai sekarang lapaknya sudah banyak berbagai macam sayur mayur dan lauk pauk. Kebetulan ada jual tahu, tiap hari Minggu naruh juga bersedekah, warga sini aja yang naruh, dan kebanyakan warga datang ibu-ibu lansia, dan dari ekonomi rendah, yang mengambil di lapak gratis ini," pungkas Rusmini.

Halaman

(sun/bdh)