Resolusi Jihad Kontemporer, Muhaimin Iskandar Launching Santrinet di Hari Santri

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 18:03 WIB
hari santri di malang
PKB launching SANTRINET di hari santri (Foto: Istimewa)

"Itulah yang mampu membentuk karakter santri" tegas Muhaimin.

Saat ini, lanjut Muhaimin, di Indonesia terdapat sekitar 175,4 juta pengguna internet. Artinya, 64% penduduk Indonesia itu mempunyai akses ke dunia maya.

Menurut Muhaimin, jika setiap kita mampu mengajak berapa persen saja dari jumlah itu untuk masuk di platform SANTRINET, kita telah ikut berperan dalam menyebarkan nilai-nilai Islam yang berlandas pada prinsip-prinsip tawassut, tasamuh, ta'adul serta tawazun sebagaimana terkandung dalam ajaran ahlussunah wal jama'ah (Aswaja).

Menurut Gus Muhaimin, satu hal penting ditegaskan bahwa di tengah pandemi dan di era new normal, pesantren tetap harus menjadi garda depan dalam pengembangan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin dan sebagai pusat peradaban Islam Indonesia.

"Mandat dan amanah ini harus dijaga, dan salah satunya adalah dengan tetap menjaga proses di pesantren tidak terhenti melalui pengembangan infrastruktur teknologi di pesantren", tegasnya dalam acara dihadiri Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.

Dari situlah menurut Muhaimin, peringatan Hari Santri harus menjadi momentum untuk meneguhkan bahwa pesantren sebagai wajah asli Islam Indonesia harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan global, temasuk dibidang teknologi.

Dialog-dialog agama dan sains dengan tidak tercerabut dari akar tradisi adalah keniscayaan yang tak bisa ditawar.

Pandemi ini menurut Gus AMI, memaksa kita semua, termasuk santri dan pesantren, untuk merumuskan kembali peran-peran sosial pesantren agar keberadaannya mampu memberikan sumbangan nyata terhadap masyarakat sekitarnya.

"Prinsipnya adalah pengembangan pesantren adalah al-muhafadhoh ala al-qodim as-sholih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah yang selama ini dibuktikan dg eksistensi dan peran pesantren yg senantiasa relevan di setiap zaman", pungkasnya.

Halaman

(hil/iwd)