Awasi Perairan Pantura Tuban, Polisi akan Bentuk Satpolairud

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 15:21 WIB
Polres Tuban akan membentuk satuan baru yakni Satpolairud
Polisi Tuban tinjau pantai utara (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Tuban -

Polres Tuban akan membentuk satuan baru yakni Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud). Menyusul usulan polres membentuk satuan mengamankan perairan pantai utara Tuban.

Usulan tersebut disambut dengan kehadiran Tim Rorena Polda Jatim yang melakukan studi kelayakan pembentukan Satpolairud di wilayah hukum Polres Tuban. Hadir Kabagstrajemen Rorena Polda Jatim AKBP Moh Bashori yang didampingi Kasubbagstrabang Bagstrajemen Kompol Roni Jusuf. Hadir pula dari perwakilan Pemkab Tuban, Kasi Kesbangpol Chusnul Y, Staf ahli Bupati bidang Perekonomian Kartono, Kasi Sarpras Dinas perikanan kabupaten Tuban Warsito, BPBD, serta perwakilan Satpolair pos Tambakboyo, Kamis (22/10/2020).

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, Tuban memiliki wilayah perairan di pantai utara. Pantai Utara Tuban memiliki panjang sekitar 65 KM. Namun hingga saat ini, Polres Tuban belum memiliki satuan yang mengamankan wilayah laut di sebelah Utara tersebut.

"Polres Tuban sudah sejak 2017 mengajukan Pembangunan Satpolairud. Kami juga sudah memperoleh Hibah tanah dan sudah bersertifikat sejak tahun 2011 seluas 6.710 m² di kecamatan Bancar tidak jauh dari bibir pantai," ujar Kapolres Ruruh kepada detikcom.

Pertimbangan yang mendasar diajukannya pembentukan Satpolairud di wilayah hukum dengan luasan wilayah laut kurang lebih 22.608 m² itu di sepanjang pantai tersebut ada pelabuhan-pelabuhan yang strategis. Di antaranya Pelabuhan TPPI, Semen Indonesia, Holcim, PLTU Tanjung Awar-awar dan saat ini ada pembangunan mega proyek kilang minyak pertamina Rosneft.

"Adanya obyek vital negara dan Mega proyek strategis Nasional pembangunan kilang minyak Pertamina Rosneft yang saat ini sedang berjalan, menjadi pertimbangan pula perlunya dibentuk satuan Polair untuk mengamankan perairan di Wilayah hukum Polres Tuban," jelas AKBP Ruruh Wicaksono.

Selanjutnya
Halaman
1 2