Boleh Percaya Atau Tidak, Daun Kelor Mampu Usir Makhluk Halus

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 14:54 WIB
Ibu-Ibu Lamongan Ini Olah Kelor Jadi 9 Olahan Makanan
Daun kelor (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Pernah mendengar peribahasa 'dunia tak selebar daun kelor'? Ya, daun kelor memiliki ukuran kecil. Meski ukurannya kecil, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bagi warga Lamongan, saat pandemi COVID-19 saat ini mereka berhasil membuat daun kelor menjadi 9 olahan makanan.

Selain bisa diolah sayur, makanan dan memberi manfaat kesehatan, daun kelor ternyata lama dikenal sebagai 'obat' yang bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus. Daun pohon yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini dianggap sebagai pohon sakti.

Pengasuh Ponpes khusus rehabilitasi sakit jiwa dan narkoba 'Dzikrussyifa' Asma' Berojomusti' Kiai M Muzakkin atau yang akrab disapa Gus Zakky Al-Sekanory mengakui hal itu.

"Salah satu unsur yang terkandung di daun kelor ini adalah fosfor yang insyaallah bisa menyerap energi dan membuangnya kembali. Terlebih bila dilakukan dengan cara dirukyah, bisa buat pengobatan sakit jiwa, narkoba, guna-guna, serangan gaib, santet dan lain-lain," kata Gus Zakky kepada detikcom di pondoknya kampung Sekanor, Desa Sendangagung, Paciran, Lamongan, Kamis (15/10/2020).

Lalu bagaimana caranya agar daun kelor itu bisa dibuat untuk sarana mengusir gangguan gaib? Gus Zakky membagikan resepnya. "Yang pertama, mengambil 21 tangkai tanaman kelor dan memukulkan ke orang yang terkena serangan jin atau sihir, dipukul pelan-pelan yang tidak menyakitkan, kalau bahasa Jawanya itu dikebyokno," tuturnya.

Yang kedua, lanjut Gus Zakky, mengambil 21 helai daun dan merebusnya sebentar dan diminumkan pada orang yang terkena gangguan gaib tadi. Cara ini berlaku bagi orang yang terkena serangan, bisa diberikan lewat makanan atau minuman yang akan dikonsumsi sambil membacakan beberapa surat dalam Al Qur'an tergantung tingkat keparahan gaib yang mengganggunya itu.

"Cara ke 4 adalah dengan merebus daun itu beserta bawang putih dan garam. Setelah dingin, di do'akan dengan cara membaca surat-surat Al Qur'an dan yang ke empat mengambil 21 daun kelor dan mendoakannya dan digunakan untuk memandikan," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2