Jawa Timur Bebas dari Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 19:44 WIB
Empat kabupaten/kota di Jawa Timur yang berstatus zona merah COVID-19 kini telah menjadi oranye. Artinya, kini Jatim tidak memiliki wilayah yang berstatus zona merah.
Peta sebaran zonasi Corona di Jatim/Foto: Istimewa
Surabaya -

Empat kabupaten/kota di Jawa Timur yang berstatus zona merah COVID-19 kini telah menjadi oranye. Artinya, kini Jatim tidak memiliki wilayah yang berstatus zona merah.

Anggota Satgas Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sata ini tidak ada kabupaten/kota di Jatim yang berstatus zona merah.

"Sudah tidak ada kabupaten/kota di Jawa Timur yang berstatus zona merah. Sebanyak 38 kabupaten/kota tidak ada yang zona merah," kata Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/10/2020).

Jibril menegaskan, meski tidak ada daerah yang masuk zona merah COVID-19, ia tetap mewanti-wanti masyarakat untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, zonasi kabupaten/kota di-update setiap seminggu sekali.

"Seperti pesan dr Joni, zonasi di-update setiap minggunya. Zonasi menjadi warning kabupaten/kota terkait penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Berikut detail zonasi di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur:

Zona Orange (28 kabupaten/kota): Banyuwangi, Nganjuk, Bondowoso, Jombang, Tuban, Sidoarjo, Magetan, Ngawi, Sumenep, Lamongan, Bojonegoro, Kota Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Situbondo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, Kota Malang, Pasuruan, Ponorogo, Gresik, Jember, Kota Mojokerto dan Kota Madiun.

Zona Kuning (10 kabupaten/kota): Pamekasan, Pacitan, Kota Blitar, Bangkalan, Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Kabupaten Malang dan Sampang.

(sun/bdh)