Sempat Jadi Zona Hijau COVID-19, Kota Madiun Kini Oranye

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 14:43 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Madiun -

Kota Madiun sempat berbangga sebagai daerah pertama berstatus zona hijau COVID-19 di Jatim. Namun dalam data Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 setempat hingga saat ini, total kasus positif COVID-19 di Kota Madiun mencapai 99.

"Kasus 99 (terkonfirmasi COVID-19). Yang sembuh 75, sisanya isolasi," ujar Wali Kota Madiun, Maidi, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (14/9/2020).

Maidi menyampaikan, sebelumnya Kota Madiun selalu berada di urutan terakhir dalam daftar risiko penyebaran COVID-19 di Jatim. Dari 38 kabupaten/kota di Jatim, Kota Madiun memiliki risiko paling rendah dalam pandemi COVID-19.

Namun saat ini Kota Madiun menjadi zona oranye COVID-19. Padahal Juli lalu sempat menjadi zona hijau. Lalu menjadi zona merah pada bulan lalu.

"Jatim kan peringkat antara 37 dan 38. Kita paling bawah penyebarannya. Artinya kita rem (cegah) betul-betul pakem (patokan). Dengan kondusif seperti ini (pandemi COVID-19) kita perketat aturan jam malam," tambah Maidi.

"Sekarang yang meninggal terkonfirmasi 3 kasus dari 99 kasus," sambungnya.

Maidi menuturkan, sesuai Perwali, semua pengusaha tempat hiburan malam (THM) wajib patuh protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

"Kita tekan terus, THM kan sudah banyak yang sudah mengikuti kesadaran luar biasa. Banyak yang tutup ada yang buka sampai jam 22.00 WIB. Tapi tetap protokol Corona tidak boleh dilanggar. Yang melanggar sanksi kita tutup," pungkasnya.

(sun/bdh)