Ganjar Pranowo Berencana Susur Sungai Bengawan Solo Bareng Emil Dardak

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 19:25 WIB
Sebuah truk colt diesel hangus terbakar di KM 752.200 Tol Waru-Sidoarjo. Akibat kebakaran tersebut, jalan tol sempat ditutup.
Webinar Forum Komunikasi (Sinergitas) Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Selasa (29/9)/Foto: Istimewa
Surabaya -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menghadiri Webinar Forum Komunikasi (Sinergitas) Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Selasa (29/9). Yakni soal pengelolaan dan penanganan dampak Sungai Bengawan Solo.

Dalam forum itu, kedua kepala daerah tersebut berkomitmen untuk mengatasi masalah Sungai Bengawan Solo. Wagub Emil menyampaikan, Bengawan Solo perlu penanganan yang terintegrasi antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Emil juga mengapresiasi acara ini.

"Apresiasi atas terselenggaranya forum sinergi lintas provinsi ini. Kita ketahui bersama bahwa dalam mengelola sungai, batasan-batasan yuridis itu harus mengalah dengan batasan-batasan ekologis. Artinya sungai ini dari hulu ke hilir tidak boleh dikelola secara parsial tapi harus terintegrasi," kata Emil dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (30/9/2020).

Emil telah berkunjung ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo beberapa waktu lalu. Salah satunya juga membahas tentang penanganan Sungai Bengawan Solo.

"Kami belum lama ini sebenarnya sudah berkunjung ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, untuk membicarakan banyak hal terkait apa yang menjadi prioritas dalam penanganan jangka pendek, di antaranya bendung gerak Karang Nongko harus bisa terlaksana. Kemudian juga Jabung Ring Dyke, kemudian juga ada beberapa proyek-proyek yang termasuk di dalam Perpres 80, perlu kita pastikan kesiapan pelaksanaannya," terang Mantan Bupati Trenggalek ini.

Emil juga meminta dukungan, khususnya dari DPRD Provinsi Jawa Timur untuk mengawal penanganan Sungai Bengawan Solo, dengan bersinergi bersama Provinsi Jawa Tengah yang menjadi tumpuan hidup bagi jutaan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Simak juga video 'Ganjar Wacanakan Beri Uang untuk Pengguna Masker':

[Gambas:Video 20detik]