Kunjungi BBWS Bengawan Solo, Wagub Emil Bahas Irigasi, Bencana, Hingga Industri

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 22:20 WIB
wagub emil
Wagub Emil di kantor BBWS Bengawan Solo (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengunjungi Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Kota Solo, Selasa (15/9). Kedatangan Emil untuk membahas masalah banjir, kekeringan, hingga industri.

Emil menyampaikan lawatan ini juga erat kaitannya dengan percepatan realisasi Perpres 80 Tahun 2019. Emil mengapresiasi Kepala BBWS Bengawan Solo, Agus Rudiyanto beserta jajarannya yang serius menindaklanjuti Perpres 80.

"Artinya setelah ditindaklanjuti dengan usulan-usulan konkret, apa yang harus dilakukan, baik di 2020, maupun di 2021," ujar Emil di Solo, Selasa (15/9/2020).

Kunjungan Emil ke Kantor BBWS Bengawan Solo juga ingin menyamakan persepsi dan data yang akan didiskusikan di forum selanjutnya. Diskusi itu nantinya juga akan dilakukan bersama Gubernur Jatim dan pemangku kepentingan terkait Bengawan Solo.

"Kami hadir di sini untuk bisa menyamakan gerak langkah kita, sebab sebentar lagi akan ada forum besar mengenai Bengawan Solo. Kami ingin memberikan laporan kepada Bu Gubernur hal-hal yang akan beliau sampaikan pada forum yang akan dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan terkait Bengawan Solo," jelas Peraih gelar doktor di usia 23 tahun ini.

Salah satu poin yang didiskusikan oleh Emil kepada pihak BBWS Bengawan Solo yaitu terkait mitigasi terhadap banjir dan langkah-langkah jangka panjang.

"Kita menginginkan agar banjir bisa diatasi sekaligus meningkatkan ketersediaan tampungan air untuk mengantisipasi kemarau yang berkepanjangan. Banyak sekali langkah yang sudah dilakukan oleh BBWS termasuk pengembangan kawasan-kawasan atau daerah irigasi juga bendungan/bendung gerak, sampai ke beberapa tampungan-tampungan air lainnya yang akan sangat membantu kita mencapai tujuan air di Bengawan Solo," ujarnya.

Menurut Emil, ketersediaan air merupakan pondasi bagi kawasan industri, maka pentingnya membangun bozem untuk bisa mensuplemen pengambilan air dari sungai dengan kolam tampungan yang di kembangkan di wilayahnya.

"Ini penting untuk menopang pembangunan di kawasan itu karena kita tidak bisa ngomong kawasan industri kalau tidak ada juga ketersediaan air. Walaupun tadi ada pesan penting dari pak kepala balai setiap kawasan industri seyogyanya membangun bozem" pungkas Mantan Bupati Trenggalek ini.

(iwd/iwd)