Menggali Sejarah Majapahit di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 13:21 WIB
Pemkab Bojonegoro menggelar sarasehan dengan tema Mbedander The Corner of Majapahit di Gedung Angling Darma. Kegiatan ini menggali bukti secara ilmiah maupun penelurusan terkait legenda di tengah masyarakat.
Sarasehan dengan tema 'Mbedander The Corner of Majapahit'/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Bojonegoro -

Pemkab Bojonegoro menggelar sarasehan dengan tema 'Mbedander The Corner of Majapahit' di Gedung Angling Darma. Kegiatan ini menggali bukti secara ilmiah maupun penelusuran terkait legenda di tengah masyarakat.

Narasumbernya Guru Besar Arkeologi Indonesia di Departemen Arkeologi UI, Agus Aris Munandar dan Alumni Arkeologi UGM sekaligus Dosen Universitas Negeri Malang yang mendalami Epigraf, Ismail Lutfi.

Agus Aris Munandar menjelaskan, kajian yang akan dilakukan termasuk telaah arkeologi-sejarah. Dalam telaahnya digunakan data arkeologi yang terbatas, dengan dukungan sumber tertulis.

Pembahasan tentang keberadaan daerah 'Badander' sebagai wilayah yang bersejarah pada masa Kerajaan Majapahit masih sebatas cerita, asumsi dan legenda. Menurut peneliti, Badander dalam Kitab Pararaton dan Negarakertagama sedikitnya merujuk ke dua lokasi.

Yaitu Badander di Kecamatan Jombang yang ditelaah dan hingga saat ini belum diperoleh kesimpulan yang valid. Satunya lagi Badander yang berada di Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di Kecamatan Dander.

Selanjutnya
Halaman
1 2