Arkeolog Temukan Jejak Permukiman Kuno Dekat Situs Candi Patakan Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 14:59 WIB
Lamongan ternyata menyimpan banyak jejak arkeologi. Kali ini, jejak arkeologi berupa bekas pemukiman kuno yang ditemukan di Lamongan.
Jejak permukiman kuno di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Lamongan ternyata menyimpan banyak jejak arkeologi. Kali ini, jejak arkeologi berupa bekas permukiman kuno yang ditemukan di Lamongan.

Jejak permukiman yang diperkirakan dari masa Majapahit ini, ditemukan tak jauh dari Situs Candi Patakan yang baru selesai ekskavasi tahap 4. Jejak arkeologi ini diakui oleh Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jatim Wicaksono Dwi Nugroho.

Wicaksono mengungkapkan, jejak permukiman kuno tersebut ditemukan di perbatasan Desa Pamotan dan Desa Selorejo, Kecamatan Sambeng.

"Lokasi temuan permukiman ini kita temukan di hutan kawasan Perhutani, di perbatasan Desa Pamotan dan Desa Selorejo, Kecamatan Sambeng. Lokasi ini tak jauh dari Situs Patakan. Kurang lebih 10 km dari Desa Patakan yang dikenal warga dengan nama Kawasan Alas Boto," kata Wicaksono saat berbincang dengan wartawan, Selasa (29/9/2020).

Saat dilihat, tambah Wicaksono, pihaknya menemukan banyak benda-benda arkeologi dengan sebaran yang cukup luas. Yaitu 200 meter persegi. Temuan benda-benda kuno tersebut juga beragam. Mulai dari pecahan tembikar, pecahan terakota hingga mata uang kepeng.

"Sebaran cukup banyak tapi banyak yang diambili warga saat kelola lahan," ujarnya.

Menurut Wicaksono, beberapa benda kuno yang ditemukan tersebut di antaranya mata uang koin kepeng, hiasan terakota, pecahan keramik dan juga batu bata. Selain itu, mereka juga menemukan batu lumpang yang sudah pecah dan juga pecahan miniatur rumah, kendi dan wadah serta tembikar halus.

Lihat juga video 'Warga Pasuruan Temukan Susunan Batu Bata Kuno Saat Bangun Irigasi':

[Gambas:Video 20detik]