Bule Belanda Pembunuh Mantan Istri di Banyuwangi Divonis 14 Tahun Penjara

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 18:09 WIB
pembunuhan di banyuwangi
Sidang vonis bule Belanda yang digelar secara virtual (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

WN Belanda Hendrik Tibboel (56), pelaku pembunuhan mantan istrinya Nur Hofiani (42), divonis 14 tahun penjara. Tibboel terbukti bersalah telah melakukan pembunuhan. Dengan vonis itu, pengacara Hendrik langsung meminta banding.

Sidang vonis Hendrik dilakukan secara virtual, Selasa (29/9/2020). Majelis hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) berada di PN Banyuwangi, sementara terdakwa dan pengacara berada di Lapas Kelas II A Banyuwangi.

"Menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Hendrik Tibboel dengan hukuman 14 tahun penjara. Terdakwa telah melanggar pasal 338 KUHP," ujar Ketua Majelis Hakim.

Vonis terdakwa Hendrik Tibboel lebih ringan satu tahun dari tuntutan JPU. Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi menuntut terdakwa dengan hukuman 15 tahun penjara.

"Putusannya 14 tahun penjara, tuntutan kami 15 tahun," ujar Agus Suhairi, Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Agus menyebut putusan ini didasarkan pada dakwaan kedua. Terdakwa Tibboel dianggap telah melakukan pembunuhan terhadap mantan istrinya sebagaimana diatur dalam pasal 338 KUHP.

"Karena pembunuhan itu dilakukan spontanitas," tegas jaksa kelahiran Banyuwangi ini.

Agus menambahkan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan memberatkan dalam putusan ini. Pertama, korban merupakan mantan istri Tibboel, dan terdakwa tidak mengakui secara terus terang perbuatannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2