Keluarga Korban Tuntut Bule Belanda Pembunuh Mantan Istri Dihukum Mati

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 16:36 WIB
Zaenal, anak Nur Hofiani, mengamuk saat melihat rekonstruksi. (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Keluarga korban Nur Hofiani (42) histeris saat digelar rekonstruksi pembunuhan yang dilakukan di Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Mereka juga menuntut hukuman mati dijatuhkan kepada Hendrik Tibboel (56), tersangka pembunuhan mantan istrinya tersebut.

Zaenal, anak Nur Hofiani, tak henti-hentinya menangis dan berteriak menghujat tersangka Hendrik Tibboel saat digelandang menuju rumahnya untuk melakukan rekonstruksi itu. Beberapa orang memeluk dan mencegah Zaenal, yang akan memukul tersangka. Sesekali dia mengancam akan membunuh tersangka, lantaran sudah membunuh ibunya.

"Tak pateni koen. Aku gak terima ibuku mbok pateni (Saya bunuh kamu. Aku tidak terima ibuku kamu bunuh)," ujarnya saat Hendrik Tibboel melintas di depannya, Rabu (8/1/2020).


Kemarahan Zaenal sangat beralasan. Sebab, dirinya mengaku ibunya merupakan tulang punggung keluarga sepeninggal ayahnya. Zaenal merupakan anak dari pernikahan Nur Hofiani sebelumnya. Saat menikah dengan Hendrik, Nur Hofiani mendapatkan anak, yakni Jibril, yang masih berusia 3 tahun.

Terpisah, kakak korban, Fia, menuntut hukuman mati bagi pembunuh adiknya tersebut. Sebab, apa yang dilakukan oleh Hendrik merupakan perbuatan keji.

"Harus dihukum mati. Karena perbuatan bule itu sangat keji," ujarnya.


Fia juga meminta santunan terhadap ketiga anak Nur Hofiani yang masih membutuhkan biaya yang banyak. Apalagi, semasa hidupnya, Nur Hofiani menjadi tulang punggung keluarga.

"Harus ada tanggungan terhadap tiga anak adik saya. Saya harap kedutaan Belanda dan orang yang bertanggung jawab untuk memberikan santunan kepada anak-anak adik saya," pungkasnya.

Polresta Banyuwangi menggelar rekonstruksi pembunuhan Nur Hofiani di rumah tersangka Hendrik Tibboel, bule WN Belanda, di Lingkungan/Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pelaku yang tak lain mantan suami korban memperagakan 15 adegan.



Tonton video Bule Belanda Bunuh Teman Wanitanya Gegara Ngorok:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)