Jalur Pansela Trenggalek Bakal Dilengkapi Rest Area dengan View Ciamik

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 14:51 WIB
jalur pantai selatan
Lokasi yang akan dibangun rest area di jalur Pansela (Foto: Adhar Muttaqien)

"Progres sekarang, rencana itu 8 persen, tapi sekarang sudah plus 4 persen, jadi 12,7 persen," imbuh Subki.

Sementara itu Bupati Trenggalek (nonaktif) Mochammad Nur Arifin, mengatakan pembangunan Jalur Pansela dihadapkan akan mampu mengurangi disparitas ekonomi antara sisi utara dan selatan Jawa.

"Saya hanya menampung aspirasi masyarakat. Ada disparitas ekonomi antara utara dan selatan. Kemudian kita tahu bahwa di pansela potensinya lebih pada industri kreatif, karena didorong mayoritas adalah pariwisata, perikanan dan UMKM," kata M Nur Arifin.

Dengan kondisi itu, maka konsep pendirian rest area tersebut juga akan disesuaikan dengan kondisi potensi yang ada di masyarakat sekitarnya. Rencananya rest area di ujung selatan itu tidak hanya untuk sekedar singgah, namun akan dijadikan jantung perekonomian pesisir selatan.

"Kami ingin ini menjadi mobility hubs, sebab kalau kita lihat, di Kediri tengah dibangun bandara, kemudian ada rencana pembangunan jalur tol ke arah Tulungagung. Kalau exit tol bisa lebih lebih dekat ke sini maka akan lebih baik," ujar Arfin.

Posisi rest area yang tepat berada di antara Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek dinilai tepat untuk menjadi mobility hubs antara wilayah selatan-selatan, maupun antara selatan dengan wilayah tengah dan utara Jawa.

"Sehingga ini menjadi tempat bertemunya orang utara dengan selatan, dari bandara maupun pelabuhan. Ini menjadi tempat pertemuan orang yang asik dan punya nilai ekonomi maupun pariwisata, " ujar Arifin.

"Untuk kebutuhan lahan sementara akan kami siapkan 14-25 hektare. Kami juga memohon ke perhutani, tentang mekanisme yang bisa kerja sama atau IPPKH," katanya.

Halaman

(iwd/iwd)